Pembangunan BPSDM Sumut, Tengku Erry Letakkan Batu Pertama 

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meletakkan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan tahap pertama gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara, di Jalan Ngalengko Nomor 1 Medan, Jumat (13/4/2018).

Gedung baru itu menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Sumatera Utara (Sumut), karena akan dilengkapi fasilitas setara dengan hotel bintang tiga. “Pada waktu tidak ada Diklat, bisa disewakan untuk umum, yang merupakan PAD bagi BPSDM dan Pemprovsu,” ucap Erry.

Dikatakan Erry, gedung BPSDM ini dulunya merupakan gedung Badan Pendidikan dan Pelatihan Provsu yang berdiri sejak tahun 1971. Sampai saat ini, gedung ini sudah 47 tahun berdiri. Namun belum pernah direnovasi.

Perlu diketahui juga, gedung BPSDM dulunya selalu digunakan untuk Diklat Pim tingkat dua. Namun, saat ini sudah cukup lama tidak diberi kesempatan lagi, karena mungkin fasilitasnya yang kurang baik, sehingga perlu renovasi total.

Dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung BPSDM ini, diharapkan bisa bangkit kembali untuk menjadi salah satu BPSDM yang bisa diandalkan, bahkan menjadi salah satu yang terunggul di Indonesia. “Jajaran BPSDM Provsu agar tetap kompak, jangan sampai terpecah belah. Karena disamping infrastruktur yang baik Sumber Daya Manusianya (SDM) nya juga harus baik. Agar BPSDM ini benar-benar bisa menjadi yang terbaik di Sumatera Utara, bahkan di Indonesia, “ ujar Erry.

Sebelumnya, Kepala BPSDM Provsu Ir Bonar Sirait MSi menyampaikan pembangunan gedung BPSDM ini dilaksanakan karena memang usia gedung yang sudah lama. Luas tanahnya 1,78 hektar dan akan dilakukan pembangunan gedung sekitar 10 ribu meter. “Sisanya untuk penghijauan,” ujarnya.

Gedung yang akan dibangun ini nantinya vertikal, berlantai lima dengan daya tampung hingga 450 orang. “Sehingga penyelenggaraan diklat yang lebih besar nantinya akan bisa dilaksanakan di BPSDM Provsu ini,” katanya.

Nantinya akan dibangun juga asrama, ruang belajar, ruang seminar, perpustakaan, ruang makan, termasuk juga sarana olah raga. “Yang semuanya untuk kebutuhan peserta diklat,” ucapnya.

Pelaksana dari PT Harawana Konsultan Ir Sabar M Sitompul MSi memaparkan, pembangunan gedung ini telah direncanakan tahun 2017. Beberapa item yang akan dibangun yaitu gedung asrama, kantor dan masjid, sarana pendukung berupa halaman pagar dan pos jaga. Pada 2018 ini akan dibangun gedung asrama yang terdiri 45 kamar, dan bisa menampung 110 orang.

“Dengan perencanaan ini diharapkan BPSDM Sumut meraih Akreditasi A sebutnya. Dan bisa menjadi pusat pelatihan dan penataran di Sumatera Utara juga dapat meningkatkan kualitas peserta didiknya,” ujarnya, seraya mengatakan bahwa rencana Pembangunan Gedung BPSDM ini merupakan Karya Besar Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi yang menjadi kenang-kenangan bagi masyarakat Sumatera Utara. Berita Medan, MN

- Advertisement -

Berita Terkini