Gempa Padang Sidempuan
Foto: Kondisi rumah yang mengalami kerusakan di Kota Padang Sidempuan akibat gempa bumi berkekuatan 5,5 SR.

MUDANEWS.COM, Padang Sidempuan – Gempa berkekuatan 5,5 SR yang mengguncang Kota Padang Sidempuan, Jumat (14/7/2017) pagi berdampak buruk. Pasalnya, akibat guncangan tersebut 11 unit rumah mengalami kerusakan.

Kepada wartawan, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, daerah yang mengalami kerusakan akibat gempa di Kota Padang Sidempuan terdapat di 2 kecamatan yakni Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu dan Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru. Dimana, di Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu terdapat 10 unit rumah mengalami kerusakan dan di Kecamatan Hutaimbaru terdapat 1 unit rumah mengalami kerusakan.

“Hasil sementara, ada 11 unit rumah yang rusak di Kota Padang Sidempuan,” ungkapnya.

Kemudian, Sutopo mengatakan, dari 11 unit rumah yang rusak tersebut hanya 1 unit rumah yang mengalami kerusakan parah yakni di Desa Mopang Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu. Sedangkan 10 unit rumah lainnya mengalami kerusakan ringan.

“1 unit rumah yang mengalami rusak berat yakni di Desa Mopang, Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu. Sedangkan 10 unit rumah lainnya yang berada di 3 desa mengalami kerusakan ringan,” tungkasnya sembari mengatakan dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

Sekedar mengingatkan, warga Tapanuli Bagian Selatan mendadak panik, Jumat (14/7/2017) pagi. Pasalnya, kala itu kawasan tersebut diguncang gempa dengan kekuatan 5,5 SR.

Kepada wartawan, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BMKG melaporkan telah terjadi gempabumi dengan kekuatan 5,5 SR berpusat di darat dengan kedalaman 10 km pada Jumat (14/7/2017) pukul 08.25 WIB. Pusat gempa berada di 9 km Barat Daya Padang Sidempuan atau 25 km Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara. Gempa tidak berpotensi tsunami.

“Badan Geologi USA melaporkan gempa berkekuatan 5 SR dengan pusat di darat. Sumber gempa diperkirakan berasal dari sesar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sutopo mengatakan, gempa tersebut bukan hanya terasa di Kota Padang Sidempuan, namun juga menguncang Kabupaten Tapsel, Paluta, Palas, hingga Rokan Hulu Provinsi Riau. “Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa. Namun, posko BNPB masih terus memantau dampak gempa,” pungkasnya. Berita Padang Sidempuan, Indra

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here