Sukseskan Pemilihan
Arjuna (TA P3MD-PID)

MUDANEWS.COM, Simalungun – Pemerintah Kabupaten Simalungun akan menyelenggarakan Pemilihan Pangulu Nagori (Kepala Desa) serentak pada Rabu, 12 Juni 2019 yang akan diikuti 61 Nagori (Desa) di 27 Kecamatan. Pemilihan Pangulu Nagori yang merupakan amanat Undang-Undang Desa sangat penting dan strategis untuk keberlanjutan dalam penyelenggaraan pemerintahan nagori, pelaksanaan pembangunan nagori, pembinaan kemasyarakatan nagori dan pemberdayaan masyarakat nagori, demikian disampaikan Arjuna (Tenaga Ahli P3MD-PID) Kabupaten Simalungun, Senin (10/6/2019).

Arjuna berharap kepada semua pihak untuk mensukseskan pemilihan pangulu serentak tahun 2019 di Kabupaten Simalungun, dan yang paling penting kepada penduduk untuk datang dalam pemungutan suara menggunakan hak pilihnya. “Harapan kita pelaksanaan Pilpanag Serentak berjalan kondusif, berlangsung secara demokratis, bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” ujarnya.

Arjuna menambahkan bahwa peran Panitia Pemilihan juga sangat penting dalam proses pemilihan mulai dari tahap pencalonan, pemungutan suara dan penetapan. Oleh karena itu panitia pemilihan harus mandiri dan tidak memihak.

Sebagai Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif, Arjuna mengingatkan kepada semua Pendamping Desa, baik Pendamping Lokal Desa (PLD) di Tingkat Desa, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) dan Pendamping Teknik Infrastruktur (PDTI) di Tingkat Kecamatan untuk menjaga netralitas sesuai Standar Operasional dan Prosedur (SOP) Pembinaan dan Pengendalian Tenaga Pendamping Profesional yang dikeluarkan Dirjen PPMD Kemendesa PDTT bahwa Tenaga Pendampig Desa Netral dan Tidak Berpihak dan menjaga Etika sebagai Pendamping Profesional. Berita Simalungun, Aj