Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran ala Kapolres

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banjar – Libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, sudah di depan mata. Momen ini tentunya dimanfaatkan sebagian warga masyarakat diwilayah Kota Banjar, Jawa Barat, untuk mudik ke Kampung Halamannya. Oleh karena itu perlu diwaspadai ancaman pencurian di rumah karena ditinggal penghuninya.

Kapolres Banjar, Polda Jabar, AKBP. Yuliana Perdana, S.I.K., Rabu (29/05/2019), mengatakan bahwa pada saat momentum Hari Raya Idul Fitri atau yang kita kenal dengan istilah Lebaran, rumah milik warga masyarakat banyak yang kosong tinggal penghuninya untuk mudik ke kampung halamannya.

Tentunya rumah, akan ditinggal selama beberapa hari oleh para pemiliknya, sehingga sangat rawan sekali menjadi sasaran aksi pencurian.

“Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat diwilayah Kota Banjar, untuk selalu menjaga barang berharganya, seperti kendaraan bermotor, jangan diparkirkan sembarangan, dan selalu di kunci ganda,” ujarnya.

Jika biasanya meletakkan kendaraan motor di garasi terbuka, lebih baik sekarang dimasukkan di dalam rumah. Lalu mengamankan barang berharga pada tempat yang dirasa aman.

“Jangan meninggalkan barang berharga di tempat yang mudah terlihat. Simpan di tempat yang tidak mudah ditemukan oleh orang lain,” imbuhnya.

Lalu jangan lupa saat meninggalkan rumah dalam kondisi kosong, seluruh pintu, atau pagar terkunci dengan rapat. Dan jangan lupa mengecek kondisi listrik.

“Setiap pintu harus dicek sudahkah terkunci belum. Pastikan kondisi rumah saat ditinggalkan lampu satu malam hari dibisakan selalu menyala,” jelasnya.

Jika sudah akan meninggalkan rumah, jangan lupa untuk menitipkannya kepada tetangga, Ketua RT setempat, serta menyampaikan kepada Polri atau Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang ada diwilayah tersebut. Agar nantinya petugas dapat patroli melalukan penjagaan. Berita Banjar, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini