Gubsu Erry
Foto: Gubsu Erry Nuradi foto bersama ketika pencanangan GERMAS di lapangan Perkebunan Pangkatan, Kabupaten Labuhan Batu.

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dicanangkan pemerintah yang bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

‘’Target terbebasnya masyarakat Sumatera Utara dari penyakit tidak terlepas dari kepedulian segenap masyarakatnya,’’ ucap Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi saat melakukan pencanangan GERMAS di lapangan Perkebunan Pangkatan, Kabupaten Labuhan Batu, Kamis (12/10/2017).

Dalam kesempatan itu, Erry mengingatkan, GERMAS merupakan rencana pembangunan jangka panjangan nasional kesehatan (2005 -2024). Oleh karena itu, pencegahan berbagai penyakit tidak menular dan penyakit menular dilakukan sejak dini, berkesinambungan serta berkelanjutan.

Menurutnya, saat ini negara kita khususnya Sumut sedang mengalami masalah kesehatan yakni tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan munculnya kembali penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

“Saat ini juga meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke , jantung, diabetes dan lain-lain. Dampak meningkatnya kejadian penyakit tidak menular adalah meningkatnya biaya kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah,” sebut Erry.

Oleh karena itu, betapa pentingnya aspek prilaku masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit, maka pada tanggal 15 November 2016, di Bantul Yogyakarta Presiden Joko Widodo meluncurkan gerakan masyarakat hidup sehat atau GERMAS.
“Bersama-sama komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan prilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup mutlak dilakukan,” tandas Erry.

Gubsu Erry
Foto: Tengku Erry memberikan bantuan kepada masyarakat.

GERMAS juga bertujuan agar masyarakat berprilaku sehat, yakni kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih serta produktivitas masyarakat untuk berobat akan berkurang.

Sementara Bupati Labuhan Batu Pangonal Harahap mengatakan bahwa maayarakatnya sudah mulai melakukan kegiatan GERMAS sejak beberapa bulan terakhir .

GERMAS yang dilakukan oleh masyarakat Labuhan Batu diantara menandatangani BPJS sebanyak 2.000 kartu, maka masyarakat dan puskesmas membuat spanduk tentang GERMAS agar masyarakat mengetahui dan menjalankannya.

Selain itu Bupati sudah menerapkan Jumat Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Car Free Day. Di kecamatan juga melakukan senam sehat hingga dipedesaan.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua TP PKK Sumut Hj Evi Diana Erry Nuradi, Ketua TP PKK Labuhan Batu Siti Awal Siregar dan sejumlah kepala SKPD Provsu dan Labuhan Batu, tokoh masyarakat, ulama, para pelajar, dokter kecil, tenaga medis serta ribuan masyarakat. Berita Labuhanbatu, Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here