Pemkab Sijunjung Miliki Aplikasi e-SAKIP Untuk Meningkatkan Transparansi, Akuntabilitas, dan Efisiensi Dalam Administrasi Publik

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Setelah menunggu lama akhirnya Sijunjung memiliki aplikasi e SAKIP yang dibangun mandiri melalui Programmer di Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Sijunjung (Diskominfo).

Hal tersebut terlihat pada sosialisasi e-SAKIP yang diikuti oleh Tim Sakip Kabupaten Sijunjung dan pejabat yang membidangi perencanaan dari seluruh OPD yang dibuka langsung oleh Asisten III Setdakab Sijunjung, Edwin Suprayogi di Operation Room Kantor Bupati Sijunjung pada Kamis 21 Maret 2024

Aplikasi E-SAKIP adalah singkatan dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Ini adalah platform digital yang digunakan oleh instansi pemerintah di Indonesia untuk memantau dan mengevaluasi kinerja mereka berdasarkan rencana strategis yang telah ditetapkan.

“E-SAKIP membantu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi dalam administrasi publik,” ujar Edwin.

Menurut Edwin, aplikasi e-SAKIP Ini juga bagian tindak lanjut MoU antara Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dengan Gubernur Provinsi Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil pada bulan Januari tahun 2023 yang lalu

“Maka, oleh programer mulai dibangun aplikasi induknya yaitu Sijunjung BA1K yang sudah dilaunching pada HUT Kabupaten Sijunjung tahun 2022,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa hadirnya E SAKIP menandakan aktivitas kinerja pemerintah mulai bisa dipantau oleh pimpinan dan publik.

“E SAKIP berikutnya akan berlanjut kepada e LHK dimana semua ASN menyusun rencana aksi pencapaian indikator kinerja pribadinya melalui aplikasi ini. Lebih lanjut pelaksanaan kinerjanya juga langsung dimonitor dan dievaluasi oleh atasannya setiap dibutuhkan,” katanya.

“Melalui sosialisasi ini seluruh OPD dipastikan memperoleh banyak kemudahan dalam menyusun perencanaan, mengukur, memantau dan mengevaluasi kinerjanya untuk mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung,” pungkasnya.

- Advertisement -

Berita Terkini