Gotong Royong di Aek Kanopan Labura, Terapkan Filosofi Marsipature Hutana Be

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labura – Marsipature Hutana Be, demikian slogan Pemerintah Sumatera Utara di era Gubernur Raja Inal Siregar. Slogan berbahasa Batak yang berarti ‘saling membangun kampung masing-masing’ ini menyiratkan akan pentingnya kebersamaan dan gotong royong setiap warga dalam memajukan setiap tempat, baik dusun, desa/kelurahan, kecamatan, maupun kabupaten.

Budaya gotong royong yang merupakan ciri khas Indonesia, tetap lestari di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). Banyak desa maupun kelurahan di kabupaten yang kaya akan sawit dan karet ini menggalakkan gotong royong pada hari-hari tertentu, seumpama di hari Jumat.

Seiring berkembangnya zaman, semangat gotong royong kian hari kian berkurang di tengah masyarakat di beberapa tempat. Padahal gotong royong bukan sekedar mencakup kegiatan sosiologis dan sikap etis, tetapi juga mempunyai aspek ideologis. Sehingga semestinya nilai gotong royong terus melekat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Kami bersama warga Lingkungan X dan XI Kelurahan Aek Kanopan Timur bersama-sama memperbaiki jembatan penghubung antar lingkungan tersebut. Kami mengapresiasi warga akan sikap kepedulian, kebersamaan, dan kecintaan terhadap kampung sendiri,” kata Bambang Ardiansyah SPd, Lurah Aek Kanopan Timur, usai memperbaiki jembatan penghubung, beberapa waktu yang lalu.

Bangsa Indonesia dapat berkembang menjadi bangsa yang besar melalui semangat bergotong royong dari warganya sehingga budaya gotong royong telah menjadi tradisi sebagai budaya warisan leluhur yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

“Walau arus modernisasi dan globalisasi dikhawatikan menggerus budaya gotong royong, namun kita berharap budaya gotong royong tetap lestari karena bisa mempererat persatuan, persaudaraan, dan meminimalisir sikap egoisme,” kata Kadiskominfo Drs Sugeng, melalui Kabidkominpub Diskominfo Eko Suhendro ST. Berita Labura, Ahmad Maherdika Hsb

- Advertisement -

Berita Terkini