Dana Perawatan Damkar Labuhanbatu Juga Terkena Covid, Nyawa Petugas Taruhannya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Pemotongan dana anggaran untuk penanganan Covid-19 di kabupaten Labuhanbatu sangat berdampak buruk bagi keselamatan nyawa para petugas Pemadam Kebakaran pada saat ini.

Informasi yang didapat dari seorang warga, berawal dirinya sedang melintasi Jalan WR Supratman melihat 1 unit mobil Damkar dengan suara sirine sedang melaju kecang dari arah kantor Satpol PP menuju arah kota Rantau Prapat dengan waktu yang bersamaan terlihat petugas Damkar yang dibantu Satpol PP sedang mendorong truck Damkar dalam keadaan mati. “Ntah apa masalahnya pun bang, ini foto dan videonya bang, tadi sekira jam empat gitulah bang (pukul 16.00-red),” sebutnya.

Mudanews.com yang menerima informasi dari warga itu dengan cepat mencari kebenaran informasi dari warga tersebut bahwa sekira pukul 16.00 WIB telah terjadi kebakaran di Amd Purwodadi C, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara. Namun sampai pukul 18.20 WIB informasi yang jelaspun belum didapat.

Kasat Pol PP Labuhanbatu M Yunus saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan whatsapp kapan terjadi terkait foto petugas sedang mendorong truck Damkar tersebut.
Wartawan: assalamualaikum,
Wartawan: (foto petugas dorong Truck Damkar)
Wartawan: kapan ini pak Kasat?
Kasat pol PP: Kemarin mungkin….kenapa?
Wartawan: oh
Wartawan: GK
Wartawan: Cuma mau konfirmasi aja nya.
Kasat pol PP: Dengan siapa ini…boleh
Kasat Pol PP: Boleh
Wartawan: Dengan Arjuna Nasution .
Kabiro media online mudanews.com kabupaten Labuhanbatu Raya.

Dan kembali mengirim foto yang sama dengan logo chanel Fakta Bicara dengan bertulis saat terjadi kebakaran truck Damkar mogok. “Kalau fakta bagus la buatnya bos itu kemarin waktu pleno biasa la tekor batrei. Kalau mau cari masalah ngak mesti jg gt bos,” kata Kasat Pol PP.

Hitungan beberapa detik saat pesan dibaca terlihat panggilan dari Kasat Pol PP sekira pukul 19.58 WIB dan saat diterima sembari wartawan mengucapkan Assalamualaikum, Kasat pun menyambut dengan berkata, kalau kau pun Jun. Manusia aja bisa sakit.

Terkait truck Damkar yang sedang didorong petugas damkar dan Satpol PP serta anggaran biaya perawatan untuk Truck Damkar. “Itu saat Pleno mobil Damkar di parkir dipinggir jalan dan kelamaan berjemur batre kering, masalah anggaran biaya perawatan kena covid,” sebutnya.

Sungguh miris jika biaya perawatan untuk Truck pemadam kebakaran terkena Covid juga, jika ini benar-benar terjadi maka keselamatan nyawa para petugas akan terancam saat melaksanakan tugasnya dan keselamatan rumah warga jika terjadi kebakaran maka sulit untuk diselamatkan dikarenakan ketidak maksimalkan alat transportasi Damkar yang dikendarai petugas.

Pasalnya petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Branwir (dari Bahasa Belanda “Brandweer”), atau PMK adalah orang atau pasukan yang bertugas memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana atau kejadian lainnya.

Jika Kendaraan truck pemadam kebakaran dalam keadaan rusak dan tidak dirawat maka sangat beresiko tinggi terutama bagi keselamatan nyawa para petugas Damkar yang melaju menuju lokasi kebakaran dalam keadaan Truck Damkar tidak bagus dan tidak terawat, semua juga dapat berdampak buruk bagi keselamatan korban kebakaran jika terjadinya keterlambatan petugas sampai ke lokasi kebakaran.

Mobil pemadam kebakaran Emergency, yang digunakan saat darurat dan harus standby jika mendapat laporan telah terjadi kebakaran dan sebagainya, maka petugas dengan sigap dengan menggunakan APD lengkap dan melaju cepat dengan sirine tanda darurat, maka pentingnya diperhatikan kelayakannya dan perawatan Truck Damkar tersebut, bensin, batrai, pompa dan Power Take Off (PTO) semua itu sangat berpengaruh untuk keselamatan nyawa orang banyak.

Fire truck atau yang lebih dikenal dengan mobil pemadam kebakaran adalah rangkaian beberapa unit sistem. Secara garis besar unit sistem dalam mobil pemadam kebakaran terdiri dari, 1.) Engine dan chassis, 2.) Pompa dan Power Take Off (PTO).

Kedua hal tersebut disatukan melalui sistem mekanik, elektrik, konstruksi bodi dan sistem perpipaan hingga menjadi satu unit utuh yang nantinya dapat berfungsi alat pemadam kebakaran. Media yang digunakan untuk memadamkan api akan disesuaikan dengan kebutuhannya. (Arjuna)

- Advertisement -

Berita Terkini