Puteri Indonesia Lampung-2 2022 Tampil Cantik Gunakan Pakaian Adat Muli di Hari Perempuan Internasional

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

MUDANEWS.COM, LAMPUNG– Irene Garcia, Puteri Indonesia Lampung-2 2022 nampak terlihat anggun dan cantik menggunakan pakaian adat yang dinamakan Muli yaitu pakain khas gadis Lampung.

“Provinsi Lampung memiliki kebudayaan yang begitu kaya, terlihat dari cara berpakaian yang berbeda-beda untuk setiap usianya,” katanya kepada wartawan, Rabu (09/02/2022).

Irene mengatakan, salah satu pakaian adat Provinsi Lampung adalah Pakaian Muli (gadis), seperti yang dikenakannya. Dalam foto tersebut, ia menggunakan atasan sulam usus dan bawahan tapis bintang perak.

“Sulam usus terbuat dari potongan-potongan kecil kain satin atau sutera. Dahulu kala, sulam usus memang dibuat memakai usus dari hewan yang sudah diawetkan dan dikeringkan. Namun seiring berjalannya waktu, sulam usus sudah menjadi seperti yang dikenakannya,” ucapnya dengan senyuman manis.

Gadis kelahiran Bandar Lampung ini menyampaikan, tapis bintang perak merupakan kain tapis yang sudah dibakukan untuk dingunakan seorang Muli. Disebut tapis bintang perak dikarenakan motif ini berbentuk bintang yang bertaburan, namun tetap sama dengan tapis yang lainnya disulam dengan benang emas.

Sebagai generasi muda khususnya kaum perempuan, Irene mengajak di manapun mereka berada, mari pertahankan kebudayaan yang kita punya. Jikalau tidak sekarang, kapan lagi dan jikalau bukan kita, siapa lagi.

“Ayo kita semarakan dengan memakai pakaian adat Lampung yang kita cintai,” pungkasnya dengan mantap.

- Advertisement -

Berita Terkini