TNI AU Kerahkan 2 Hercules Distribusikan Bantuan ke Sulbar-Kalsel

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan dua pesawat Hercules untuk distribusi bantuan kepada korban bencana alam di Mamuju dan Majene Sulawesi Barat (Sulbar) serta Kalimantan Selatan. Pesawat mengangkut bantuan logistik hingga personel TNI.

“Operasi bantuan kemanusian ini guna percepatan pendistribusian bantuan, sebanyak dua pesawat Hercules diberangkatkan guna mengangkut bantuan logistik dan pasukan,” kata Kasubdispenum Dispenau Kolonel Pnb Alfian dalam keterangannya, Minggu (17/1/2021).

Kedua pesawat diberangkatkan hari. Pesawat pertama, pesawat C-130 Hercules Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma dipiloti Kapten Pnb Galang.

Pesawat ini mengangkut 104 personel Pasukan yang terdiri dari Korpaskhas, Marinir, Kostrad, dan Bekangdam Kodam Jaya. Selain itu, pesawat ini juga mengangkut barang bantuan logistik berupa LCR 11 unit dari Paskhas, 2 unit dari Koopsau I, dan 4 unit dari Marinir.

Alfian mengatakan pesawat ini juga membawa bantuan sembako dengan total keseluruhan 5.524 kilogram dari Dharma Pertiwi dan Bekangdam Jaya.

Sedangkan pesawat kedua ialah Hercules A-1337 yang dipiloti Kapten Pnb Endrik. Pesawat ini mengangkut barang bantuan logistik dari Dharma Pertiwi berupa tenda lapangan dengan total 1.672 kg serta bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) berupa tenda lapangan, genset, kasur, dan peralatan dapur dengan total 4.149 kg.

“Selain itu PIA Ardhya Garini memberikan bantuan logistik berupa air mineral dan mi Instan dengan total 1.400 kg. Kemudian bantuan dari IKKT Bais TNI, Persit Kodam Siliwangi, IKKT Sesko TNI sebanyak 1.711 kg, dengan total keseluruhan 8.932 kg,” urai Alfian.

Para penduduk juga dievakuasi Hercules TNI AU, simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Pesawat C-130 Hercules TNI AU juga melakukan evakuasi penduduk Mamuju menuju Makassar sejumlah 89 orang dewasa dan 13 anak serta 2 pasien, dalam kondisi koma dan pasca melahirkan.

Diberitakan sebelumnya, korban jiwa terdampak gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat tercatat ada sebanyak 78 orang meninggal dunia. Jumlah itu rinciannya 67 orang di Mamuju dan 11 orang di Majene.

Saat ini sudah ada lebih dari 20 ribu orang yang mengungsi di kedua lokasi tersebut.

Sementara itu, dilaporkan ada 3 orang tewas akibat banjir di Kalsel. Dilaporkan ada 10 kabupaten/kota di Kalsel yang terdampak banjir.

“Selanjutnya banjir di Kalsel. Korban 3 orang. Dan saat ini kondisi banjir sekitar masih antara 60 cm – 1,5 meter dan berada di beberapa tempat kabupaten yang ada. Kita dari Basarnas sudah kirim 16 perahu karet dan 1 helikopter kita standby di Kalsel untuk membantu proses pemantauan, proses evakuasi,” tutur Kepala Basarnas Marsma TNI Bagus Puruhito dalam jumpa pers di JICT II, Minggu (17/1).

Sumber : detik.com

- Advertisement -

Berita Terkini