Gempa Magnitudo Guncang Sulawesi Utara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Bolaang Mongondow Selatan – Gempa Bumi Tektonik M6,6 mengguncang Teluk Tomini Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara (Sulut), tidak berpotensi tsunami pada Minggu (19/1/2020) pukul 23.58.20 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=6,6 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw=6,2.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.1 LS dan 123.86 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 km arah Selatan Kota Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara pada kedalaman 126 km,” tulis dalam akun resmi Instagram infobmkg.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng laut Maluku.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga hari Senin, 20 Januari 2020 pukul 00.57 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

- Advertisement -

Berita Terkini