Ansor Pematang Siantar
Player posko mudik

MUDANEWS.COM, Pematang Siantar – Mudik adalah kegiatan untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran.

Ketua PC GP Ansor Kota Pematang Siantar, Arjuna mengatakan, pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Transportasi yang digunakan seperti pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik. Tradisi mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim Indonesia.

Arjuna menjelaskan, ada tradisi khas milik orang Indonesia, kampung halaman kita di hari raya ‘Idul Fitri, yaitu silaturahim. Tradisi silaturahim di lebaran sudah lama dilestarikan dan dikembangkan. Kita saling mengunjungi sanak saudara bahkan tetangga atau teman sejawat, atasan dan bawahan. Terkadang kita secara sengaja mudik, bepergian jauh, beratus kilometer bahkan mungkin beribu kilometer, hanya sekedar untuk menjumpai orang tua atau sanak famili.

“Sekedar untuk menjumpainya dan bersilaturahmi, menyegarkan ikatan kekerabatan, menyambung dan mempererat tali persaudaraan,” imbuhnya, Jumat (31/3/2019).

Untuk itu, dalam rangka memberikan kenyamanan dan membantu aparat dalam kelancaran mudik bagi saudara dan sahabat umat muslim yang akan merayakan Idul Fitri di kampung halamannya, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Pematangsiantar mempersiapakan Posko Mudik Banser. “Posko Mudik sebagai bentuk kontribusi BANSER bagi masyarakat dan Negara,” ungkapnya.

Sesuai arahan Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor dan Satkornas BANSER, Posko Mudik BANSER 2019 mengusung thema “MUDIK MENYATUKAN BANGSA” diharapkan akan merajut kembali persatuan bangsa melalui momentum lebaran Idul Fitri 1440 H.

“Banser berkomitmen membantu pelayanan mudik pada masyarakat agar perjalanan bisa lebih aman dan nyaman. Sehingga proses mudik berjalan efektif, efisien, serta berjalan tertib” demikian disampaikan Arjuna. Kegiatan posko mudik akan dipersiapkan oleh Satkorcab Banser Kota Pematangsiantar direncanakan mulai H-3 sampai H-1 Idul Fitri, khususnya pada titik persimpangan jalan yang sering terjadi kemacetan,” tandasnya Arjuna. Berita Pematang Siantar, Arjuna