Pemuda Muhammadiyah
Sesi materi oleh Siska Barimbing (Fitra Sumut)

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Perumnas Medan II dan Ikatan Mahasiswa Deli Serdang menggelar Dialog Ramadan bertajuk “Apa Kabar Pelayanan Publik di Kabupaten Deli Serdang?”. Kegiatan yang dihadiri puluhan orang ini dilaksanakan di Gedung Bekas Musholla Muhammadiyah An-Nur, Jalan Kiwi Raya Perumnas Mandala Kabupaten Deli Serdang, Minggu (12/5/2019).

Saat diwawancarai setelah kegiatan, Ketua Pemuda Muhammadiyah Perumnas Medan II Arif Rakasiwi menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu agenda di bulan Ramadan. Menurut Arif, kegiatan ini selain untuk menambah pengetahuan juga menjadi pengisi waktu saat menjalankan puasa Ramadan khususnya di hari libur seperti hari Minggu.

“Ini menjadi agenda Ramadan kami di Pemuda Muhammadiyah, selain mendapatkan ilmu, kegiatan ini juga mengisi waktu selama berpuasa khususnya di hari libur seperti hari ini,” jelas Arif.

Senada dengan Arif, Ketua Ikatan Mahasiswa Deli Serdang (Imades) Ahmad Arfah Fansuri Lubis menjelaskan kegiatan ini menjadi salah satu agenda di pekat kegiatan ramadan Imades yang sudah direncanakan jauh hari.

“Kami dari Imades memang sudah punya paket kegiatan ramadan. Salah satunya dialog ini, sebelumnya kami juga sudah melaksanakan pembagian Takjil. Kegiatan ini sudah direncanakan sebelum berlangsungnya bulan Ramadan ini. Kami juga menerima kalau ada masyarakat yang ingin memberikan donasi Takjil, bisa berupa makanan yang bisa kami jemput ataupun dalam bentuk uang bisa dikirim ke rekening BNI nomor 0269987567 atas nama Ahmad Arfah Fansuri Lubis,” jelas Arfah.

Pemuda Muhammadiyah
Pembagian sembako oleh Ketua Pemuda Muhammadiyah Perumnas Medan II Arif Rakasiwi

Bertindak sebagai pemateri kegiatan adalah Siska Barimbing dari Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sumatera Utara. Pada dialog ini Siska fokus memberikan materi tentang aplikasi pelayanan publik yang disediakan pemerintah pusat yakni Lapor!.

Siska menjelaskan bahwa masyarakat dalam kehidupan sehari hari sejatinya turut menyumbang kenegara melalui pajak. Dikarenakan hal itu menurut Siska, masyarakat harus mendapatkan pelayanan publik yang baik.

“Kita setiap hari tanpa disadari ikut membantu keuangan negara melalui sektor pajak. Baik itu Pajak Bumi Bangunan, Pajak Pembayaran Listrik, maupun pajak saat berbelanja di minimarket. Untuk itu pemerintah harus memberikan pelayanan yang baik untuk kita. Jika tidak begitu, laporkan saja melalui aplikasi Lapor! yang bisa dibuka melalui Google,” ucap Siska.

Selain dialog, kegiatan ini juga diisi dengan pembagian sembako kepada peserta kegiatan yang didominasi ibuk-ibuk. Berita Deli Serdang, Lana