Sidempuan Diguncang Gempa
Ilustasi Data Gempa dari BMKG

MUDANEWS.COM, Padang Sidempuan – Pasca gempa mengguncang kawasan Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Jumat (14/7/2017) sekira pukul 08.25 WIB dengan kekuatan 5,5 SR berpusat di darat 9 KM Barat Daya Padang Sidempuan atau 25 km Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara dengan kedalaman 10 KM. Masyarakat Kota Padang Sidempun kembali merasakan gempa bumi hingga malam hari.

Kepada wartawan, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa susulan biasa terjadi setelah gempa yang besar. Itu terjadi secara alamiah dalam rangka sesar atau lempeng mencari keseimbangan.

“Sampai dengan tadi malam pukul 23.00 WIB sudah terjadi 7 kali gempa susulan,” ucapnya.

Kemudian, Sutopo menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak termakan isu-isu menyesatkan seperti akan ada gempa susulan besar dan tsunami. Pasalnya, gempa susulan umumnya berkekuatan lebih kecil dari gempa pertama.

“Sebaiknya masyakarat mengecek kondisi bangunan pasca gempa 5,5 SR. Jika bangunan rumah rusak dan membahayakan maka sebaiknya tidak berada di dalam rumah,” pungkasnya.

Sekedar mengingatkan, warga Tapanuli Bagian Selatan mendadak panik, Jumat (14/7/2017) pagi. Pasalnya, kala itu kawasan tersebut diguncang gempa dengan kekuatan 5,5 SR. Berita Padang Sidempuan, Indra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here