Pilkada Paluta 2018, Tiga Isu Ini Diyakini Bisa Jungkalkan Andar Amin Harahap

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Paluta – Ketua Forum Mahasiswa & Pemuda (Formada) Tapanuli Bagian Selatan, Ahmad Junaidi Siagian (AJS) memaparkan tiga isu yang menurutnya bisa dimanfaatkan para calon untuk menyaingi Andar Amin Harahap di Pilkada Paluta 2018, yang santer dikabarkan, bahwa Andar Amin Harahap anak kandung dari Bupati Paluta, Bachrum Harahap, akan maju di Pilkada Kabupaten Paluta 2018 mendatang. Andar Amin Harahap (AHH) saat ini menjabat sebagai Walikota Padang Sidempuan, hal tersebut dikatakannya saat diwawancarai oleh awak media di Medan, Rabu, (20/12/2017).

Menurutnya, Keikutsertaan Andar Amin Harahap maju di Pilkada Paluta, tidak ada masalah, dan itu haknya beliau, Sebagai warga negara Indonesia, Andar berhak memilih dan dipilih oleh masyarakat.

Pertama, mestinya kandidat-kandidat yang ada bisa meyakinkan publik, mereka bisa menjalankan sistem transparansi pemerintahan yang jauh lebih baik daripada yang dilakukan oleh Bachrum Harahap sebagai ayah kandung dari Andar Amin Harahap.

“Jadi kalau mereka membicarakan format transparansi yang jauh lebih baik dari Bachrum Harahap, kan itu lebih menarik,” kata Ahmad Junaidi Siagian, atau yang lebih akrab disapa Junaidi Siagian ini.

Trach Politik Kekerabatan (Politik Dinasti) juga menurutnya bisa menjadi senjata untuk mengalahkan Andar. Maka dari itu, jika penantang Andar mampu mengkampanyekan diri sebagai penolak politik kekerabatan, walaupun dirinya tidak menampik bahwa pemimpin yang turun temurun yang dilakukan oleh keluarga dalam sebuah pemerintahan merupakan sebuah realita dalam kanca perpolitikan.

Junaidi Siagian menerangkan, bahwa politik kekerabatan bisa dimaklumi sebagai hak asasi manusia, Kalau yang bersangkutan memiliki kompetensi, integritas, kapabilitas yang mempuni dalam memajukan daerah yang akan dipimpinnya kedepan. Serta, mampu memberikan solusi yang lebih dari hasil kepemimpinan ayah Andar Amin Harahap yaitu Bachrum Harahap, hal tersebut bisa dipertimbangkan untuk dipilih oleh masyarakat Paluta.

“Andar itu kan sudah diketahui memiliki politik kekerabatan dengan Bupati sekarang, dia itu kan anak kandungnnya Pak Bachrum Harahap. Sekarang, dari calon-calon yang lain mereka setuju atau tidak dengan keberlangsungan dinasti politik tersebut? Kalau tidak, apa solusinnya ? Maka harus disampaikan ke seluruh masyarakat Paluta, supaya masyarakat mengetahui hal itu, supaya jangan titisan kelurga mereka saja yang menguasai Kabupaten Paluta ini,” ucap Junaidi Siagian.

Terakhir, tingkat (Standar) kepuasaan rakyat atas kepemimpinan Andar Amin Harahap sebagai Walikota Kota Padangsidempuan, dan tingkat kepuasaan rakyat atas kepemimpinan Bachrum Harahap sebagai Bupati Kabupaten Paluta, juga bisa senjata untuh mengalahkannya. Apalagi, menurutnya selama menjabat keduanya tak jarang dikritik oleh berbagai elemen dan lapisan masyarakat terkait dugaan keterlibatan keduanya dalam melakukan Tindak Pidana Korupsi, yang hingga saat ini belum terselesaikan.

“Tingkat kepuasan tersebut adalah sebuah hal yang relatif, dan masyarakat pasti berbeda-beda pendapat terkait hal itu, yaitu tergantung dari sisi mana kita melihatnya,” katanya. Berita Paluta, Andreas Bangun

- Advertisement -

Berita Terkini