Sudah Dewasa? Siap?
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM – Di usia yang genap 28 tahun ke atas, kriteria calon istri jadi engga muluk-muluk, cukup yang nyambung diajak ngobrol, sama rasa sayang yang diungkapkan dengan perhatian dan bukan hanya sekedar ucapan. Yang terpenting cocok dengan doa dan harapan orang tua.

Cantik engganya, kini sudah bukan jadi prioritas utama, karena percuma jika hanya mengandalkan kecantikan saja tanpa dibarengi akhlak yang baik. Syukur-syukur dapat yang cantik juga baik, bisa ngertiin keadaan terus bisa masak, bisa ngaji, bisa jaga diri, jaga lisan, jaga pandangan, jaga anak, jaga hati, jaga rumah, jaga kebun, jaga kambing.

Pernikahan bukan hanya karena ingin melampiaskan hawa nafsu, tapi lebih kepada benar-benar siap ingin menjalankan ibadah dan mengarungi rumah tangga yang jelas akan berbeda dari masa sebelumnya, berubah sama-sama ke arah yang lebih baik sampai saatnya nanti, meninggalkan dunia ini.

Di usia yang dibilang sudah cukup dewasa, semakin sadar jika perasaan tak bisa begitu saja bisa dibuang ke sembarang orang. Harus mikir berkali-kali, sebelum memutuskan untuk jatuh hati, karena yang dibutuhkan sekarang sudah sepaket dengan masa datang, bukan lagi hanya sekedar memiliki kemudian pergi.

Patokannya sudah bukan lagi suka apa tidak, tapi siap apa tidak mempertanggungjawabkan perasaan sampai pada pernikahan dan berharap maut yang akhirnya akan memisahkan. Bosan rasanya, jika harus ditinggal ke pelaminan duluan, karena alasan belum siap ketika ditanya: “kapan mau bawa orang tua?”

Cepat lambatnya pernikahan sudah bukan jadi jaminan akan langgeung dalam membina rumah tangga. Banyak yang akhirnya terpaksa jadi janda muda, karena gagal memahami dan mempertahankan rasa. Meski, takdir juga turut serta bekerja.

Yang waktu pendekatannya terlihat sangat mesra diumbar di mana-mana, akhirnya harus repot menghapus semuanya.

Jadi, sudah ada yang berencana menikah, atau mungkin menikah lagi tahun ini? Semoga dimudahkan dan dilancarkan. Aamiin.

2019

Penulis adalah Dede Humaedi