Prima DMI Kabupaten Solok Adakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengurus, Baznas : Prima DMI Harus Buat UPZ Sendiri

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Solok – Perhimpunan Remaja Masjid – Dewan Masjid Indonesia (PRIMA-DMI) Kabupaten Solok mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas pengurus PRIMA DMI Kabupaten Solok dengan tema “terbentuknya PRIMA DMI yang solid dan loyal untuk pengabdian yang berkelanjutan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu s.d. Minggu 26 – 27 Juni 2021 di Masjid Al-Ikhwan Bukik Kili, Kabupaten Solok.

Syahrul Ramadhan, S.Ag selaku waka 3 bagian Keuangan Baznas Kabupaten Solok yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa telah dibentuknya UPZ (Unit Pengelolaan Zakat) di 74 nagari yang ada di Kabupaten Solok yang dikelola oleh masing-masing nagari.

“Dari 74 UPZ nagari tersebut hanya 20% saja yang menyalurkan zakatnya melalui UPZ nagari yang kemudian singgah kepada Baznas kabupaten Solok,” ujarnya, Sabtu (26/06/2021).

Lanjut ia sampaikan, setiap dana zakat yang singgah dari UPZ nagari-nagari tersebut akan dikembalikan lebih dari apa yang diberikan dalam bentuk program kerja berupa bantuan biaya pengobatan orang sakit yang terkendala biaya, bedah rumah bagi fakir miskin / dhuafa, pemberian bantuan UMKM kepada pelaku usaha kecil, dan banyak program lainnya.

Syahrul Ramadhan menambahkan, saat ini telah banyak orang yang mempercayakan penyaluran zakatnya melalui Baznas Kabupaten Solok.

“Sebagai contohnya saja kapolres Solok mempercayakan zakatnya 200 juta rupiah kepada Baznas Kabupaten Solok. Kapolres tersebut pun juga menginstruksikan jajaran anggotanya menyalurkan zakat melalui Baznas kabupaten Solok,” lanjutnya.

Alhamdulillah, katanya telah banyak program-program kerja yang telah disalurkan kepada mustahiq-mustahiq di kabupaten Solok ini.

Dalam rentang satu tahun belakang ini, katanya Baznas Kabupaten Solok telah menampung zakat sebanyak 9,8 Miliar rupiah.

“Besar harapan saya agar di tahun selanjutnya kita bisa kumpulkan dan salurkan lebih banyak dari ini,” harapnya.

Lanjut ia mengharapkan, PRIMA DMI Kabupaten Solok harus segera membentuk UPZ yang nantinya akan dikasih surat legalitasnya.

Akmal Affani, S.Sos selaku ketua umum PRIMA DMI Kabupaten Solok menyambut baik tawaran dari pihak Baznas. Ia berharap agar masyarakat dan umat yang wajib berzakat bisa menyalurkan zakatnya melalui UPZ PRIMA DMI Kabupaten Solok yang akan segera kita bentuk secepatnya.

“Semoga dengan UPZ ini kita sebagai remaja masjid ikut berpartisipasi memanajemen pengelolaan zakat. Agar zakat tersebut dapat tersalurkan secara merata kepada mustahiq zakat yang ada di kabupaten Solok ini,” pungkasnya. (Zaki)

- Advertisement -

Berita Terkini