Menag Resmikan Mockup Pesawat di Asrama Haji Makassar

Foto: Mock up pesawat yang diresmikan Menag Lukman di Asrama Haji Makassar.
Foto: Mock up pesawat yang diresmikan Menag Lukman di Asrama Haji Makassar.

MUDANEWS.COM, Makassar – Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin meresmikan mock up pesawat di asrama haji Makassar. Mock up tersebut disiapkan Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) dan PT Garuda Indonesia.

“Mockup pesawat ini pasti akan bermanfaat bagi jemaah. Mereka akan terlatih dan tenang ketika berada di pesawat setelah mengikuti manasik perjalanan dengan model pesawat yang seperti aslinya,” papar Menag di Makassar, Rabu (12/7).

Menag mengapresiasi sinergi BPS BPIH dan Garuda Indonesia dalam menyiapkan layanan tersebut. “Semoga semua embarkasi memiliki mock up sejenis demi peningkatan pembinaan dan pelayanan kepada jemaah haji,” harapnya.

Peresmian mockup pesawat dilakukan bersamaan dengan ujicoba makanan jemaah haji selama penerbangan (meal test) dan pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Makasar. Kepada para petugas haji, Menag berpesan agar menguasai semua bentuk layanan kepada jemaah.

“Pengeloaan haji bukanlah hal yang sederhana. Petugas harus kooperatif kepada jemaah haji karena sekitar 98% jemaah haji merupakan jemaah baru dan belum punya pengalaman bepergian jauh,” ujarnya.

“Semua petugas harus ikhlas bekerja melayani tamu Allah. Jangan hanya terpaku pada bidang tugasnya, semua tahapan penyelenggaraan haji harus dikuasai. Semua harus dapat memberikan pelayanan dan penjelasan informatif secara utuh kepada jemaah haji dari tahap pemberangkatan sampai dengan penulangan,” sambungnya.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori mengatakan, pembangunan mock up pesawat terbang di asrama haji dimaksudkan sebagai sarana bimbingan jemaah.

“Jemaah haji kita inikan beragam, yang sebagian besar belum pernah naik pesawat. Hal ini bisa sebagai informasi jemaah mengenai pesawat, bagaimana penggunaan toilet pesawat, bagaimana cara tayamum di pesawat,” ujar Ahda Barori.

“Mock up pesawat, saat ini kita baru punya 1. Adapun yang ada di Asrama Haji Palembang milik Pemda,” tambahnya.

Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Ramadhan Harisman mengatakan, pembangunan mock up pesawat haji di Asrama Haji Sudiang Makasar dilakukan oleh bank penerima setoran haji. Adapun Kementerian Agama, hanya menyiapkan lahannya saja.

Mock Up pesawat ini akan diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Makassar Muhammad Nasir berharap diresmikannya mock up pesawat terbang ini akan meningkatkan layanan kepada jemaah haji, termasuk juga bagi jemaah umrah dan masyarakat umum. (ka)