Tinjau Budidaya Rumput Laut, Zahir : Prospeknya Sangat Bagus Pemkab Batubara Akan Seriusi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batubara – Bupati Batubara, Ir Zahir M.Ap didampingi Kadis Perikanan, Antoni Ritonga meninjau lokasi pembudidayaan rumput laut, Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Sabtu (23/10/2021).

Melihat pertumbuhannya sangat bagus, Zahir berniat menseriusi dengan mengajak masyarakat untuk ikut budidaya rumput laut.

“Pemerintah Kabupaten Batu Bara bersama Pelaku Budidaya Rumput Laut akan bekerjasama untuk membudidayakan rumput laut. Karena dilihat dari umur 15 hari, rumput lautnya sudah tumbuh subur,” katanya.

Ia menilai, prospek kedepannya sangat bagus dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Budidaya Rumput laut di Batubara yang digagas oleh Romulus Harjo Simanjuntak, mengatakan, Kabupaten BatuBara kini memiliki tempat budidaya rumput laut sebagai salah satu sumber penghasilan dari hasil laut. Budidaya rumput laut ini telah dimulai sejak Tahun 2019 dan mengalami kegagalan hingga tujuh kali masa pertumbuhan dikarenakan kondisi air laut kian berubah.

Romulus dengan ketekunannya, terus mencoba dan akhirnya memindahkan sejauh tiga Mil dari garis pantai Desa Durian Titi Kembar, tahun ini budidaya rumput laut mengalami pertumbuhan signifikan.

Tinjau Budidaya Rumput Laut
Bupati Batu Bara Zahir

Sebelumnya lokasi budidaya berskala kecil namun kini diperluas sebesar 500 M² dengan 200 tali bentang dan 205 ikat rumput laut yang dikelola kini mulai membaik, dalam 15 hari rumput laut mengalami pertumbuhan dan siap dipanen pada November mendatang.

“Saya mencoba membudidayakan rumput laut karena di Batu Bara belum ada. Melihat rumput laut sangat menjanjikan dalam meningkatkan perekonomian,” katanya

Ia juga berniat akan mengajak warga sekitar untuk ikut membudidayakan sehingga perekonomian warga sekitar meningkat.

Tentunya kepada Pemkab Batu Bara khususnya Bupati Batu Bara Zahir agar ikut membantu membudidayakan rumput laut. “Karena saya yakin budidaya rumput laut di Batu Bara akan sukses dan perekonomian masyarakat akan meningkat,” ujar Romulus Harjo Simanjuntak. (AK-47)

- Advertisement -

Berita Terkini