Meuthia Fathiya Erlison, Duta Lingkungan Hidup Provinsi Aceh

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banda Aceh – Duta Lingkungan Hidup (Environmental Ambassador) merupakan ajang pemilihan dibawah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh yang berperan aktif dalam bidang lingkungan hidup dan diharapkan mampu mengajak serta membangun komunitas/masyarakat yang peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Meuthia Fathiya Erlison, gadis asal Banda Aceh yang terpilih menjadi Duta Lingkungan Provinsi Aceh 2021 mengungkapkan tantangan yang ia hadapi dalam mengajak dan mengkampanyekan pelestarian lingkungan hidup.

Mutia bercerita awal mula menjadi Duta Lingkungan Banda Aceh 2019 hingga menjadi Duta Lingkungan Provinsi Aceh 2021, yaitu menjadi anggota organisasi peduli lingkungan sejak ia menduduki bangku sekolah kelas XII MAN Model Banda Aceh pada tahun 2019.

“Dari organisasi tersebut banyak diadakan kegiatan ataupun event-event peduli lingkungan seperti membuat pupuk kompos, menanam pohon, memilah sampah, menggencarkan bank sampah, dan aksi mengurangi plastik,” ucapnya kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

Mutia menggambarkan, dalam aktifitas keseharian, hal terkecil yang bisa dilakukan adalah membuang sampah sesuai dengan tempat pemilahannya.

“Saya juga mengajak teman terdekat untuk membuang sampah sesuai peruntukannya, tetapi banyak yang masih enggan melakukannya. Mereka menganggap bahwa semua tempat sampah itu sama,” ujarnya.

Mutia menyebut terkadang sangat sulit membangun kesadaran masyarakat untuk peduli walaupun dengan lingkungan sekitar.

“Dari situ pula saya banyak membuka wawasan seperti mengunjungi TPA (tempat pemprosesan akhir) dalam pemilahan sampah, dan lainnya,” ucapnya.

Maka dari itu, kata Mutia, hal terbaik adalah dengan memilah sampah sesuai dengan jenisnya agar memudahkan para petugas di TPA untuk memproses sampah-sampah tersebut.

“Harapannya saya bisa menjadi pioneer dan ujung tombak dari pemerintah dalam menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan. Dengan menjadi Duta Lingkungan tentunya ini merupakan kesempatan yang baik bagi saya untuk lebih leluasa menggerakkan komunitas millenial dalam mencintai lingkungan,” jelasnya.

Berita Terkini