HUT RI ke 79, Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Temu Ramah dan Sarasehan Bersama Para Veteran dan Paskibraka

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani, SpA bersama Ketua Dekranasda, H.Kusma Erizal Ginting SH serta Sekretaris Daerah (Sekda), Junaedi Antonius Sitanggang, SSTP, M.Si, berkumpul bersama para veteran dan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pematangsiantar Tahun 2024, dalam acara Temu Ramah dan Sarasehan memperingati HUT RI Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (17/08/2024) di Ruang Serbaguna Pemko Pematangsiantar.

Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA mengayampaikan, kegiatan tersebut merupakan momentum untuk memupuk serta memperkuat komitmen jati diri dalam menghargai jasa-jasa para sesepuh dan tokoh pejuang. Kehadiran para sesepuh dan tokoh pejuang ini, menjadi kekuatan, spirit, dan sekaligus motivasi bagi generasi penerus bangsa dalam mengenang kembali serta menghormati jasa-jasa Pahlawan sebagai pejuang kemerdekaan.

Selanjutnya, Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA, juga menginfokan bahwa bendera yang kita naikkan tadi itu semuanya sama baik ukurannya, kainnya dan warnanya semua sama di seluruh Indonesia disetiap Daerah baik wilayah tingkat 2 Kabupaten/Kota Provinsi, kenapa sama, karena kemarin kami langsung yang menerima bendera merah putih tersebut dari Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Republik Indonesia. Jadi yang kita naikan dan Kibarkan semua sama baik warna maupun kain yang sama di seluruh Indonesia.

Pemerintah Kota Pematangsianțar dan saya dr Susanti Dewayani SpA selaku Wali Kota sangat mengapresiasi kepada adik-adik Paskibraka yang tadi telah dapat melaksanakan upacara detik-detik peringatan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-79 ini tentunya luar biasa capeknya selama 3 bulan ini sebagian besar sudah terbayar lunas. Kenapa sebagian besar telah terbayar lunas, karena masih ada satu lagi momen adik-adik Paskibraka nantinya pada penurunan bendera, semoga semuanya nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Tidak lupa juga Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA mengucapkan terima kasih terkhusus kepada para Pelatih, Pamong, Guru baik dari jajaran TNI, Polri maupun Dinas terkait yang telah meluangkan waktunya selama 3 bulan melatih, mendidik adik-adik Paskibraka Kota Pematangsiantar.

Maka dari itu, kepada anak-anakku tentunya momen penaikkan dan penurunan bendera ini akan menjadi penyemangat bagi kalian semua untuk menggapai cita-cita kalian untuk menyenangkan dan menghibur orang tua, untuk membanggakan keluarga serta masyarakat, ucap seorang pemimpin keibuan dr Susanti Dewayani SpA seraya mengatakan, Setelah ini tentunya lepas dari SMA kalian akan mengikuti pendidikan yang lebih tinggi kami berdoa semoga kalian semua sukses, dan bahwa adik – adik Paskibraka pengalaman yang di dapatkan terutama tentang bela negara dapat diimplementasikan dan ditindak lanjuti ke dalam masyarakat.

Menurut dr Susanti Dewayani SpA, Adik – adik Paskibraka nantinya akan menjadi bagian yang membentuk kepribadian, karakter kalian, sehingga kedepannya kalian akan menjadi generasi muda, “Generasi Emas”, khususnya generasi emas Kota Pematangsiantar, saya dan kita semua yakin, terutama Ibu yakin kalian nanti yang akan memegang roda pemerintahan Kota Pematangsiantar.

Dalam kesempatan itu Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA juga menyampaikan kepada para orang tua, para pejuang khususnya veteran di Kota Pematangsiantar, bahwasanya dalam waktu dekat pada tanggal 15 Oktober 2024 ini akan akan segera diluncurkan Film Siantar Hotel Berdarah Buku dan film tersebut menceritakan peristiwa perjuangan bangsa Indonesia yang terjadi 15 Oktober 1945 di Kota Pematangsiantar.

Flim Siantar Hotel berdarah ini diluncurkan nanti Insyaallah pada tanggal 15 October 2024 bertepatan dengan hari pada saat kejadian baku tembak antara pemuda-pemuda dan masyarakat pejuang Indonesia khususnya rakyat Pematangsiantar dengan penjajah,ungkap dr Susanti Dewayani SpA seraya menyampaikan bahwa, film Siantar Hotel Berdarah diangkat dari buku dengan judul yang sama, karya H Kusma Erizal Ginting SH tahun 1992. “Filmnya sudah selesai dan akan ditayangkan serentak pada 15 Oktober 2024 di sejumlah bioskop di seluruh kota Pematangsiantar bahkan Provinsi Sumatera Utara, dan mungkin nasional. Nantinya, kita semuanya bisa menonton film tersebut,jelasnya.

Temu Ramah dan Sarasehan memperingati HUT RI Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia juga diisi dengan penyerahan cenderamata kepada para veteran dan pejuang serta para Paskibraka, yang langsung diserahkan Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA.

Hadir pada acara tersebut, para veteran dan Pejuang, para pimpinan Perbankan, Pimpinan Cabang Bank Sumut Suhardi Sembiring, para Asisten, pimpinan OPD, dan Paskibraka Kota Pematangiantar.

Berita Terkini