Seminar Nasional Kolaborasi PTS se Sumut, Dosen STIT Al Washliyah Binjai : Ingin Jadi Penulis, Kuncinya Kemauan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Binjai – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al Washliyah Kota Binjai mengadakan seminar nasional berkolaborasi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Al Washliyah se Sumut diantaranya Al Jamiyatul Washliyah, UMN Al Washliyah, Univa Medan, STIE Al Washliyah Sibolga, STIT Al Washliyah Kota Binjai dan Universitas Al Washliyah Labuhanbatu.

Seminar tersebut bertemakan “pentingnya menulis di dunia pendidikan, menulis itu Indah”, dilaksanakan melalui zoom meeting, Rabu, 12 Juni 2024.

Pemateri Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STIT Al Washliyah Kota Binjai Siti Suharni Simamora STP MPd CEd dan dimoderatori oleh Putri Rahmadhani Lubis MA.

Ketua STIT Washliyah Kota Binjai Dr Baihaqi MA menjelaskan tujuan seminar tersebut untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi.

“Seminar Nasional yang kita buat ini kolaborasi antara Perguruan Tinggi Swasta Al Jamiyatul AL Washliyah se Sumut dalam rangka memajukan Al Washliyah dari zaman ke zaman,” kata Baihaqi saat diwawancarai Detak Sumut.

Baihaqi mengapresiasi dan menginginkan kegiatan seminar ini terus berlanjut.

“Ini seminar nasional ke depan kita buat seminar Internasional yang lokasinya di Brunai Darussalam dan Malaysia atau kita undang pemateri dari mereka ke sini supaya meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosennya dalam kegiatan akademik,” tuturnya.

Lanjutnya juga mengapresiasi antusias keikutsertaan seluruh dosen dan seluruh civitas akademika perguruan tinggi Al Washliyah di Sumut.

“Alhamdulillah, peserta yang mengikuti seminar nasional ini mencapai ratusan. Ternyata seminar ini sangat bermanfaat bagi dosen untuk menambah ilmu pengetahuan,” tuturnya.

Dia berharap semoga dengan kegiatan seminar nasional ini peserta menjadi terinspirasi untuk menulis.

Sementara pematerinya Siti Suharni Simamora mengatakan menulis sangat bermanfaat sebagai kemampuan dalam menuangkan ide dan gagasan.

“Semua itu bisa kita jadikan tulisan, apa yang kita rasakan dan lihat, itu bisa dijadikan sebuah tulisan. Dari tulisan itu memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain, walaupun cuma satu bait saja,” kata Suharni.

Baginya, menulis tak sulit yang terpenting ada kemauan. “Tidak ada yang sulit atau susah, apabila kita ingin belajar untuk menulis,” ujarnya.

Ia memberikan tips, kunci menulis itu kemauan yang kuat. “Apa yang ingin dituliskan mulai dari hal yang terkecil. Kalau tidak ada kemauan menulis, itu yang susah,” tambahnya.

Misalnya, lanjutnya, kalau kita ingin pergi ke bulan, tanpa usaha pasti tak tercapai. Selain itu, tulisannya ingin dijadikan film. Kalau tidak ingin memulai dan berusaha, pasti tidak tercapai serta terlaksana.

“Tipsnya, semua bisa kita jadikan objek tulisan misalnya hobi kita melihat keindahan pemandangan alam, kuliner, foto-foto, itu semua bisa kita jadikan tulisan,” jelasnya.

Bahkan dengan tulisan, bisa mendapatkan uang, apalagi di era teknologi saat sekarang ini. “Dari foto kita tadi buat menjadi tulisan, bisa menghasilkan uang,” pungkasnya. (Abdul Rahim Daulay)

Berita Terkini