Buntut Tambang Galian C Non Logam, JMI- SU Gelar Aksi Unjuk Rasa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Jaringan Mahasiswa Of Independen (JMI- SU) menggelar aksi unjuk rasa damai bertempat di Polres Langkat dan DPRD Langkat sebagai bentuk menyampaikan aspirasinya terkait masih ditemukannya tambang galian c non logam yang berada di dekat Pantai Sigma Dolok desa Sei Litur Tasik, kecamatan Sawit Sebrang, kabupaten Langkat.

Hasil Tambang Galian C Non Logam yang dihasilkan dari pantai sigma dolok desa Sei Litur Tasik di duga tidak mengantongi izin, galian c non logam tersebut kerap sangat membantu dalam proses keperluan infrastruktur, baik perseorangan, pemerintahan maupun pemberdayaan.

Jika Tambang Galian c non logam yang berada di dekat Pantai Sigma Dolok desa Sei Litur Tasik memiliki legalitas yang tambang galian c non logam secara resmi meskinya tidak ada terjadi dampak yang dihasilkan dari aktivitas pertambangan galian c non logam.

“Salah satu yang menjadi sorotan kami, masih keluar masuknya armada pengangkut hasil tambang galian c non logam yang bertempatan di dekat Pantai Sigma Dolok desa Sei Litur Tasik, kecamatan Sawit Sebrang, kabupaten Langkat, yang diduga melanggarkan ketentuan Perda Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Jalan, tentang batas minimum tonase yang boleh melintasi kelas jalan kabupaten,” kata Rizky Dhani Munthe selaku ketua aliansi.

Menurutnya, dampak hasil dari tambang tersebut yang diangkut melebih tonase, mengakibatkan fasilitas jalan umum rusak karena jalan tersebut tidak mampu menampung beban angkutannya. Sehingga hal ini berdampak jalan berlubang, jika musim kemarau jalan dilintasi berdebu dan mengandung polusi udara dan jika musim kemarau terdapat genangan air disetiap jalan lintas.

“Kami meminta kepada pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat untuk menjalankan fungsinya sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaran Jalan serta membuat surat rekomendasi kepada inspektorat pertambangan karena ada unsur pelanggaran,” tegasnya.

“Kami akan terus mengkawal masalah ini sampai seluruh tuntutan kami di indahkan oleh pihak-pihak yang terkait, maka di balik itu kita akan membuat pertemuan dengan pihak polres Langkat dan ketua komisi D DPRD Langkat dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Berita Terkini