HKTI Cianjur Respon Positif Launching Petani Millenial

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

MUDANEWS.COM, CIANJUR – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cianjur menggelar Launching Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan bagi para pencari kerja klaster kompetensi Petani Millenial Manjur di Jalan Sarongge, RT 03 RW 06, Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Senin (14/04/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari 13 petani dari Kecamatan Pacet, 13 petani dari Kecamatan Cipanas dan 14 petani dari Kecamatan Sukaresmi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Cianjur, Kusnadi berharap dengan adanya pelatihan ini menghasilkan petani millenial yang profesional dari proses pengolahan hingga penjualan.

“Dengan demikian para petani bisa menghasilkan komoditas pangan yang lebih murah, terjangkau dan berkualitas,” katanya kepada wartawan.

Kusnadi menyebut regenerasi petani di Kabupaten Cianjur perlu ditangani dengan serius karena petani kita pada umumnya sudah tua.

“Maka dengan kegiatan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja khusunya petani milenial ini merupakan harapan masa depan bagi pertanian Kabupaten Cianjur di masa yang akan datang,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pemerintah perlu mengatur kebijakan dan BUMD Sugih Tani sebagai penampung produk pertanian serta perbankan sebagai pemasukan modal harus benar-benar mengawal jangan sampai ini hanya program saja.

“Pada dasarnya petani millenial di Kabupaten Cianjur ingin bertani dan perlu terus di dorong untuk terjun di dunia pertanian,” pungkasnya.

Bupati Cianjur, H. Herman Suherman, mengatakan bahwa pelatihan yang akan dilaksanakan hingga bulan Desember 2022, yang salah satunya pelatihan komoditas unggulan seperti cabe, sawi putih, bawang daun, bawang merah, ubi, jahe, jagung manis, kacang hijau, kacang tanah, kedelai, wortel, kubis, tomat dan pisang.

Berita Terkini