Gubsu Kukuhkan Pengurus AAIPI Sumut: Inspektorat Harus Lebih Berwibawa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi telah mengukuhkan Pengurus AAIPI (Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia) Wilayah Sumut Periode 2016-2019 di Hotel Polonia Medan, Selasa (27/12).

“Saya sebenarnya sewaktu jadi Wakil Gubernur yang salah satu tugasnya bidang pengawasan ketika Rakornas di Bali dua tahun yang lalu pernah menyampaikan agar inspektorat ini berwibawa inspektorat kabupaten kota ditunjuk oleh Provinsi dan Inspektorat kabupaten Kota ditunjuk dari Kemendagri,” kata Gubsu.

Gubsu menjelaskan, sejak dirinya menjadi Bupati hingga Gubernur, tugas dan fungsi inspektorat tidak maksimal.

“Saya perhatikan sendiri saat jadi Bupati, jadi Wakil Gubernur selalu saja temuan-temuan yang didapat oleh AAIPI itu selalu temuan yang sekedarnya saja, yang kecil-kecil. Yang lima jutalah, yang lima jutalah dan banyak juga yang ratusan ribu rupiah. Kalau ini terjadi yang besar jadi temuan aparat penegak hukum. Tentu eksekutif tidak boleh ikut campur karena sudah ranahnya hukum,” jelasnya.

Gubsu yakin, jika pengurus AAIPI kuat maka dapat menyelesaikan temuan besar di tingkat internal hingga dapat meminimalkan persoalan KKN.

“Saya berharap Rakor hari ini tentu menjadi satu hal yang sangat positif sekali. Kita berharap kualitas temuan AAIPI itu lebih baik kedepan. Termasuk tentunya bagaimana kita bisa mendapatkan informasi-informasi tentang pelayanan publik kita melalui laporan dari masyarakat,”ujar Gubsu. Berita Sumut/MN

- Advertisement -

Berita Terkini