Pesan Presiden RI : Jadikan Semangat Apdesi Dalam Membangun Desa, Apdesi Palas Siap Jalankan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Mudanews.com, Palas – Presiden RI berpesan di kepada APDESI “Jadikan Semangat Apdesi Dalam Membangun Desa Yang Bekemajuan”. Maka dengan kehadiran para tokoh bangsa ini pada silatnas APDESI harus menjadi semangat bagi kepala desa seluruh Indonesia untuk membangun negeri dari pinggiran seperti yg di harapkan oleh Bapak Presiden RI serta dorong pemanfaatan dan realiasi dana desa.

Mejadi suatu kehormatan dan sangat membanggakan bagi APDESI memiliki Dewan penasehat diantaranya yakni Bapak H. Ir. Joko Widodo Presiden RI, Kemendagri dan Bapak Luhut Binsar Panjaitan.

Plt. Ketua DPC Apdesi Padang Lawas Irham Habibi menyebut Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Padang Lawas, hadirnya Apdesi di Kabupaten Padang Lawas, sebagai wadah berhimpun kepala desa yang harus mampu membangun hubungan baik melalui kegiatan sosial, visioner dalam menawarkan program pembangunan sesuai kebutuhan Desa dan mampu mengayomi para kepala desa.

“Apdesi telah bergerak di seluruh Indonesia. Kemarin Apdesi Kab. Deli Serdang telah melaksanakan pelantikan yang dihadiri ketua Umum Surta Wijaya dan Wakil Menteri Desa (pdtt) Prof Dr. H. Paiman Raharjo. Hal seperti ini harus dan patut ditiru oleh padanglawas kedepan, karena kegiatan kegiatan positif dan bermanfaat yang dilakukan oleh APDESI Kab Deliserdang,” ungkap Irham Habibi Plt. Ketua DPC Apdesi Padang Lawas Pada media di Kantor Sektretarian Apdesi Padang Lawas, Jum’at (9/8/2024).

“Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Padang Lawas terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Plt. Dewan Pimpinan Daerah No. 01/Skep/DPD-APDESI/VII/2024 pada tanggal 22 Juli 2024,” sebutnya.

Hadirnya Apdesi di Kabupaten Padang Lawas, Irham berharap menyampaikan, sebagai wadah berhimpun kepala desa yang harus mampu membangun hubungan baik melalui kegiatan sosial, visioner dalam menawarkan program pembangunan sesuai kebutuhan Desa dan mampu mengayomi para kepala desa.

“Apdesi telah bergerak di seluruh Indonesia. Kemarin Apdesi Kab. Deli Serdang telah melaksanakan pelantikan yang dihadiri ketua Umum Surta Wijaya dan Wakil Menteri Desa (pdtt) Prof Dr. H. Paiman Raharjo. Hal seperti ini harus dan patut ditiru oleh padanglawas kedepan, karena kegiatan kegiatan positif dan bermanfaat yang dilakukan oleh APDESI Kab Deliserdang,” ungkap Irham Habibi.

Irham juga menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran DPD Provinsi Sumatera Utara yang telah memberikan amanah ini untuk dikembangkan di Kabupaten Padang Lawas secara bersama rekan juang Kepala Desa di wilayah ini demi terwujudnya cita-cita pembangunan Desa sebagaimana yang diharapkan oleh seluruh jajaran yang ada.

“Hadirnya Asosiasi ini, setidaknya dapat memberikan jawaban atas beberapa persoalan dan kendala yang dihadapi oleh Pemerintahan Desa, masih lemahnya peranan Kepala Desa dalam manajemen pemerintahan dan pengelolaan keuangan sebagai penanggungjawab penuh dalam prosesnya, lemahnya dalam menggali potensi desa dan meraup anggaran dari berbagai lini untuk pembangunan Desa,” ucapnya.

“Perlindungan hukum kepada diri Kepada Kepala Desa dan jajarannya atas kebijakan sebagai pemegang mandate. Oleh karena itu, hadirnya Asosiasi ini bukanlah sebagai ajang gagah-gagahan. Namun memberikan solusi terbaik untuk pembangunan Desa, daerah dan secara umum bangsa Indonesia. Sebutnya,” Pungkasnya.

Untuk diketahui APDESI ( Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia) berdiri pada 23 Agustus 2005 di Yogyakarta, yang mana pada saat itu 180 kepala desa se-Indonesia berkumpul untuk membentuk suatu wadah yang bermanfaat untuk kemajuan desa yakni APDESI yang dipimpin bapak Suwarjo dari Cilacap.

kemudian APDESI melakukan Munas di pondok kede yang saat itu terpilihlah saudara Sindawataran dari Sulsel sebagai Ketua Umum. Kemudian Munas di Lampung tahun 2016 ketua umum APDESI diamanahkan kepada Buyung Suharji berasal dari Lampung dan saat ini APDESI di dipimpin oleh Surta Wijaya dari Banten sejak 2021 hingga 2026.

Berita Terkini