Wali Kota Siantar dr Susanti Bahas Investasi RSUD dr Djasamen Saragih Bersama Konsulat Jenderal dan Konsulat Kehormatan saat Visite Proyek Investasi Strategis

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Pematangsiantar – Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menyambut hangat kunjungan Delegasi Konsul Jenderal dan Konsulat Kehormatan dalam rangka Site Visite Proyek Investasi Strategis.

Acara penyambutan dan jamuan tersebut digelar di Gedung Serbaguna Pemerintah Kota Pematangsiantar, Jalan Merdeka, pada Selasa (25/06/2024) siang.

Para tamu kehormatan juga disambut dengan tarian Tortor Simalungun dan diberikan Hiou oleh Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA.

Pada kesempatan tersebut juga ditandai dengan penyematan Topi PON sebagai tanda kelancaran dan kesuksesan PON ACEH-SUMUT ke XXI oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief S Trinugroho kepada Wali Kota dr Susanti.

Adapun Konsulat Jenderal (Konjen) dan Konsulat Kehormatan yang hadir yakni, Konjen Amerika Serikat Mr Bernard C. Uadan, Konjen China Ms Li Hongwei, Konjen Malaysia Mr Shahril Nizam Bin Abdul Malek, Konjen Singapura dr Edmund Chia, Konjen Jepang Mr Takonai Susumu, Konsulat Kehormatan Thailand Martono Anggusti, Konsulat Kehormatan Belanda Ony Hindra Kusuma, Konsulat Kehormatan Jerman Daniel Adiaksa Darmadi, KJRI Penang Wanton Saragih, KPw BI Sumut IGP Wira Kusuma, KPw BI Pematangsiantar Muqorobin, dan Rombongan KPw BI Lampung, Bengkulu, Aceh, dan Sibolga.

Hadir juga jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yakni Sekdaprov Arief S Trinugroho, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Provinsi Sumut Agus Tripriyono, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumut IGP Wira Kusuma, Kepala Bappelitbang Provinsi Sumut Alfi Syahriza, Wakil Ketua Umum Kadin Sumut Isfan F Fachruddin.

Turut hadir Unsur Forkopimda Pematangsiantar yakni, Dandim 0207/SML Letkol Inf. Slamet Faojan, M.Han, Kajari Kajari Jurist Precisely Sitepu, Kapolres AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, Ketua Pengadilan Negeri Rinto Leoni Manulang, SH.MH, Sekda Junaedi Antonius Sitanggang SSTP MSi.

Tarian Tor-Tor Sombah Simalungun dipersembahkan oleh Sanggar Budaya Rayantara dan Penampilan lagu oleh Siantar Rap Foundation.

Pada sambutannya, Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA mengucapkan terima kasih atas kunjungan North Sumatera Invest (NSI) yang memilih Kota Pematangsiantar sebagai salah satu lokasi untuk proyek investasi strategis. Ia berharap kunjungan ini dapat membangun komitmen untuk kemajuan Provinsi Sumatera Utara, khususnya Kota Pematangsiantar.

“Ini adalah suatu kehormatan bagi kami,” ujar Wali Kota dr Susanti dalam acara bertema “Strengthen Investment Through Attractive Projects.”

Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA menjelaskan bahwa banyak bangunan peninggalan Belanda di kota ini, termasuk gedung utama kantor wali kota dan kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Gedung BRI dahulu merupakan pusat pembuatan uang saat Pematangsiantar menjadi ibukota Provinsi Sumatera Timur,” jelasnya.

Penduduk Kota Pematangsiantar sangat heterogen, sebut Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA, baik dari segi suku maupun agama, namun tetap hidup rukun dan damai. Oleh karena itu, Pematangsiantar dikenal sebagai kota yang toleran di Indonesia.

Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA juga menawarkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Djasamen Saragih sebagai pusat penanganan stroke dan penyakit jantung, sejalan dengan himbauan pemerintah pusat untuk menjalin kerja sama dengan pihak swasta atau investor.

Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA menekankan bahwa Pematangsiantar kini menjadi rujukan kesehatan bagi sejumlah kabupaten/kota di sekitarnya, sehingga warga tidak perlu lagi ke Medan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Sumut, Dr Faisal Arif Nasution, dalam sambutannya menyampaikan bahwa delegasi NSI bertujuan untuk mendorong sektor investasi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumut. Menurut Faisal, target investasi Provinsi Sumut tahun 2023 sebesar Rp50 triliun telah tercapai sekitar 70 persen, dan tahun 2024 targetnya meningkat menjadi Rp58 triliun.

“Upaya ini untuk mempromosikan potensi guna menarik investor luar negeri,” tegas Kadisprovsu Faisal, yang juga mengapresiasi sambutan dr Susanti dan Forkopimda Kota Pematangsiantar.

Tampak para delegasi mengenakan topi bertuliskan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 sebagai bagian dari sosialisasi dan penyemangat PON 2024, di mana Kota Pematangsiantar menjadi salah satu venue untuk cabang olahraga tinju.

Acara juga diisi dengan penyerahan cenderamata dari Kadisprovsu Faisal kepada Wali Kota dr Susanti serta penayangan video potensi Kota Pematangsiantar dan RSUD dr Djasamen Saragih.

- Advertisement -

Berita Terkini