Rumah Orang Tua Jurnalis Binjai Dibakar OTK, AJS Minta Polisi Segera Usut Tuntas

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Aliansi Jurnalis Siber (AJS) Langkat prihatin dan mengecam keras terhadap tindak kekerasan terhadap jurnalis di Binjai, pembakaran rumah orang tua Sofian jurnalis media cetak lokal. Orang tuanya bernama Sabarsyah (65) di jalan Bantara Raya Lingkungan XII, Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, Sumatera Utara yang terjadi pada dini hari sekiranya pukul 00.05 WIB, Minggu (13/6/2021).

Tindakan tersebut sebagai bentuk premanisme terhadap jurnalis dan tidak sesuai dengan semangat berbangsa dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ini disebutkan Sekretaris AJS, Reza Fadli Lubis SH. Ia juga meminta aparat penegak hukum untuk segera mengusut tuntas kasus pembakaran rumah jurnalis tersebut.

“Apapun alasannya tidak dibenarkan melakukan tindakan kekerasan yang melanggar hukum terhadap siapapun, apalagi sampai pembakaran rumah. Ini negara hukum jika ada persoalaan dalam pemberitaan selesaikan dengan mekanisme UU Pers Nomor 40 Tahun 1999,” sebut Reza di Langkat, Senin (14/6).

Pihak Kepolisian khususnya Polres Binjai diminta segera dan wajib ungkap serta temukan pelaku serta dalang dari peristiwa tersebut.

“Polisi sebagai penegak hukum, harus berdiri tegak demi kepentingan hukum dan rasa keadilan, Polres Binjai harus tangkap dan penjarakan pelaku maupun orang orang yang terlibat dalam kasus pembakaran rumah bang Sabarsyah, ” tegas Reza Lubis.

Sebelumnya, menurut kesaksian Sabarsyah, saat api membakar, ia sedang melihat Televisi di ruang tengah rumahnya. Tiba tiba ia dikejutkan dengan adanya api yang berkobar tepat dibagian pintu depan rumahnya.

“Saya yakin kalau rumah saya dibakar orang. Karena tiba-tiba ada suara bunyi yang keras dan tiba-tiba saya melihat langsung api membesar. Spontan saya menjauhkan kereta (Sepeda Motor-red) yang hanya berjarak sekitar 1 meter dari api,” ujar Sabarsyah, sembari mengatakan, saat kejadian ada 2 unit Sepeda Motor yang ada di dalam rumahnya.

Sabarsyah yang mantan wartawan dan akrab disapa dengan panggilan Ucok Gondrong ini menduga jika rumahnya tersebut dibakar oleh OTK terkait pemberitaan yang dibuat oleh anaknya. (tim)

- Advertisement -

Berita Terkini