Bupati Batu Bara, Sosialisasi Persiapan Pembentukan Puskesos

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Bupati Batubara Ir Zahir MAP, meneruskan program Kementerian Sosial RI dengan melakukan sosialisasi dan membentuk Pusat Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Batubara, khususnya di Tingkat Desa, yang dilaksanakan di Aula Rumah Bupati, Tanjung Gading, Selasa (15/06/2021).

Turut dihadiri Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP, Direktur Jendral Pemberdayaan Sosial yang diwakili DR. Joy Yakin Tampubolon, M.Si sebagai WidyaiSwara Utama Kementerian Sosial RI, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Drs. Erman Sarjana Putera Zakir beserta seluruh Kepala OPD se-Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara.

“Pada kesempatan ini saya beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Batu Bara mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Sosial melalui Direktorat Pemberdayaan Sosial perorangan keluarga dan kelembagaan masyarakat yang telah menetapkan Kabupaten Batu Bara sebagai lokasi pusat kesejahteraan sosial diantara 140 Kabupaten yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial RI,” ungkap Ir Zahir.

“Dukungan Kabupaten Batu Bara dalam program ini adalah mempersiapkan sarana Ruangan Sekretariat Puskesos-Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) Kabupaten, menyediakan bus layanan SLRT, menertibkan Perbup tentang penyelenggara sistem layanan dan rujukan terpadu untuk perlindungan sosial,” sebut Ir Zahir.

Bupati Batu Bara
WidyaiSwara Utama Kementerian Sosial RI DR. Joy Yakin Tampubolon, M.Si foto bersama dengan Bupati Batu Ir H Zahir MAP dan Kepala OPD

“Selain melalui puskesos yang mempunyai fungsi SLRT juga dapat mengidentifikasi keluhan dan kebutuhan masyarakat terhadap berbagai layanan sosial dan memantau penangan keluhan tersebut, sehingga dapat diselesaikan oleh pihak yang berwenang di setiap jenjang,” harap Ir Zahir.

“Kementerian Sosial telah mengembangkan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) sejak tahun 2006,” ujar DR. .Joy

“Pelaksanaan Puskesos di daerah saat ini juga mengalami perubahan sebagai jawaban tantangan di era pandemi. Seluruh pelayanan Puskesos diharapkan dapat mematuhi Prokes untuk mencegah dan memutus rantai penularan virus Covid-19,” ungkap DR. Joy.

“Penyelenggara Puskesos tidak terlepas dari kemitraan dengan potensi sumber kesejahteraan sosial, baik yang ada dilingkup pemerintah maupun non pemerintah. Karena itu semua ragam dukungan untuk penyelenggara Puskesos sangat diharapkan dari setiap OPD terkait dan mitra kerja pemerintah lainnya,” tutup DR. Joy. (AK)

- Advertisement -

Berita Terkini