Kampanye Global, Gerakan Menanam Pohon Untuk Masa Depan

Kampanye Global
FMPB, Karang Taruna Pati Cemerlang, berkolaborasi bersama Kelompok TANI Desa Teluk Bakung melakukan aksi menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

MUDANEWS.COM, Langkat, Forum Mahasiswa Pemuda Bersatu (FMPB) Desa Teluk Bakung melakukan Gerakan Menanam Pohon.

Kegiatan yang dilakukan di Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura ini mengangkat tema “Seribu Pohon Berarti, Desa Maju untuk Masyarakat” sebagai bentuk kampanye global memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 05 Juni 2021 lalu.

Riza Ansyari selaku koordinator aksi menuturkan bahwa kegiatan ini diprakarsai oleh anak milenial membangun desa yang tergabung dalam FMPB, Karang Taruna Pati Cemerlang, berkolaborasi bersama Kelompok TANI Desa Teluk Bakung, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat.

“Mengutip dari website resmi UNESCO dan KLHK, Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setiap 5 Juni,” tutur Riza yang juga salah satu penggagas FMPB.

Menurutnya, peringatan ini menyoroti isu perlindungan dan kesehatan lingkungan sebagai masalah utama yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan ekonomi di seluruh dunia.

“Setiap tanggal 5 Juni diperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Peringatan yang dilakukan di seluruh dunia ini diketahui bermula sejak tahun 1974.

Lingkungan hidup menjadi isu penting yang sudah jadi perhatian sejak lama,” jelasnya.

“Harapan kita nantinya untuk menumbuhkan kesadaran mendorong kelestarian lingkungan desa bahkan bukan hanya desa saja tapi lingkungan sekitar kita,” ujarnya.

Riza juga meminta dukungan kepada masyarakat khususnya di Desa Teluk Bakung untuk sama-sama selalu menjaga lingkungan sekitar.

Kampanye Global
FMPB, Karang Taruna Pati Cemerlang, berkolaborasi bersama Kelompok TANI Desa Teluk Bakung melakukan aksi menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Hal ini bertujuan agar lingkungan kita terasa nyaman dan menciptakan suasana yang harmonis,” kata Riza.

Sementara itu, Ketua Umum Karang Taruna Pati Cemerlang Desa Teluk Bakung Syamsul Azwar mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Teluk Bakung Irfan, SH beserta seluruh masyarakat Desa Teluk Bakung yang telah ikut serta mendukung dan berpartisipasi mensukseskan acara tersebut.

“Semoga yang kita lakukan hari ini dapat bermanfaat bagi desa dan anak cucu kita nanti, agar desa kita lebih bersih, rapi, dan segar,” ujar Syamsul didampingi Sekretaris Umum Akbar.

“Kalau tidak kita mulai kapan lagi, seribu pohon untuk desa maju, bagi masyarakat,” ucapnya.

Kegiatan ini di suport oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Balai Pengelolaan DASHL Wampu Sei Ular, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kesuma dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). (red)