Galian C PT APPP Disegel Masyarakat, Sub Kontraktor Sebut yang Bohongi Masyarakat Itu Perusahaan Lain

Galian C PT APPP Disegel
Masyarakat Buluh Telang Padang Tualang Langkat menyegel Galian C PT APPP

MUDANEWS.COM, Langkat – Ratusan masyarakat menggelar aksi dan menyegel Galian C milik PT APPP (AP3) di Desa Buluh Telang, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (3/6/2021).

Sub kontraktor PT. APPP, dibawah Pimpinan Ewin saat dimintai konfirmasi mudanews.com pada Jumat (4/6) menyebutkan yang bohongi masyarakat itu perusahaan lain.

Coba di cross cek, AP3 sudah 3.5 M cor jalan di Buluh Telang, tanya aja masyarakat desa Bul├╣h Telang, Bapak Camat, Kades juga Kadus, ada Galian C lain yang disana.

Ia mengaku PT AP3 sudah ikut menyumbang buat Jalan yang rusak dan tegakkan tiang listrik yang miring. “Siapa yang bohong coba abang pikir,” kata Ewin melalui pesan Whatsapp.

Warga Buluh Telang Langkat Segel Galian C PT APPP
Koordinator Aksi Fikri (kana)

Sebelumnya, beberapa bulan ini warga di wilayah Desa Buluh Telang, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, sudah beberapa kali melakukan aksi agar pihak Perusahaan bertanggung jawab atas jalan yang sudah rusak parah.

Dan pihak PT APPP sudah membuat perjanjian bermaterai untuk jalan yang rusak segera diperbaiki. Namun sampai detik ini pihak PT. APPP tidak kunjung menyelesaikan permasalahan yang dituntut masyarakat. Masyarakat kelurahan Buluh Telang merasa dibohongi dan Perjanjian bermaterai yang dibuat pihak PT. APPP sudah diingkari.

“Jalan ini adalah jalan satu-satunya yang kami lewati untuk berbelanja ke kota ataupun aktivitas lainnya, semenjak PT. APPP ini melakukan aktivitas galian dan truk-truk besar melintasi jalan ini, jalan ini menjadi rusak sangat parah, ketika musim hujan jalan sangat licin dan ketika musim kemarau jalan bergelombang serta berdebu,” ujar Riki salah seorang masyarakat yang setiap hari beraktivitas melewati jalan tersebut.

Untuk diketahui, puluhan warga Desa Buluh Telang menggelar aksi demonstrasi di depan proyek galian C. Warga mengaku geram dengan adanya aktivitas galian yang tidak memikirkan kerusakan lingkungan dan Infrastruktrur jalan serta membuat jalan yang layak bagi masyarakat sekitar. Masyarakat Buluh Telang mendukung Proyek Nasional, sehingga masyarakat tidak mempermasalahkan galian.

“Kami tau ini tanah untuk pembangunan proyek jalan tol kami mendukung seratus persen, tetapi pihak galian PT. APPP tidak memikirkan kerusakan lingkungan dan Infrastruktur jalan. Ya aneh katanya pembangunan nasional tapi masyarakat dirugikan atas galian ini,” ujar Wak Siul.

Masyarakat sudah menyampaikan hal ini kepada Kepala Desa Buluh Telang dan persoalan Galian C oleh PT. APPP serta kerusakan Infrastruktur jalan juga sudah sampai pada pembahasan DPRD Langkat.

“Saya selalu fokus mengamati Infrastruktur jalan di Kabupaten Langkat terkhusus di Desa Buluh Telang ini. Karena saya termasuk bagian dari kecamatan Padang Tualang daerah tempat tinggal saya. Dua kali demonstrasi saya lihat masyarakat cuman dikasih janji-janji saja, sehingga demonstrasi jilid tiga ini saya ikut kejalan menyampaikan aspirasi. Karena persoalan sebenarnya sudah sampai pada Kepala Desa, Camat bahkan sebenarnya sudah sampai pada pembahasan di DPRD Langkat,” ungkap Fikri selaku Koordinator Aksi. (red)