Ketua DPRD Sumut, Khawatir Kebangkitan Positif Covid-19 Bisa Meledak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara Drs Baskami Ginting mengaku khawatir dengan kebangkitan positif Covid-19 belakangan ini.

“Ledakan jumlah pasien positif Covid-19 di hampir seluruh rumah sakit di Kota Medan tentunya menjadi catatan penting bagi kita betapa pandemi ini masih menjadi ancaman utama bagi kita saat ini,“ tegas Baskami.

Berbicara di Medan, Kamis (20/05/2021), Baskami melihat catatan dari beberapa RS pemerintah dan swasta di Medan yang menjadi tempat penanganan pasien Covid-19, angka yang disodorkan para pengelola RS rata-rata di atas 80 persen ruang rawat Covid-19 penuh. Angka itu meningkat dalam jangka beberapa hari, sehingga menurut Baskami perlu ada pengawasan dari Satgas Covid-19 provinsi untuk tidak lagi berleha-leha dengan sekedar menunggu angka dari laporan dari daerah.

“Langkah-langkah tracing sebagaimana panduan yang diberikan pihak Satgas pusat wajib diperkuat. Kita tidak bisa hanya menunggu pasien datang, periksa ke faskes dan menunggu hasil. Lakukan pendataan secara acak misalnya; dimana saat ini wilayah lingkungan yang memiliki positif rate penderita tertinggi. Lakukan tracing door to door, kuatkan kampanye protokol 5 M, dorong masyarakat khususnya yang baru bepergian dari luar kota untuk mau periksakan diri ke faskes atau lakukan swab secara massal. Ini perlu agar kekhawatiran di tengah masyarakat,” urai Baskami.

Ketua DPRD Provinsi Sumut juga mengimbau kepada para pimpinan instansi pusat dan daerah, perguruan tinggi negeri dan swasta untuk bisa terbuka terkait data di dalam internal instansi sudah berapa banyak pegawai, karyawannya yang melapor kondisi mereka.

“Beberapa perguruan tinggi yang saya dapat laporan sudah membuat ketentuan bahwa seluruh staf sebelum masuk kantor wajib melampirkan data swab antigen. Dari data itu tentunya bisa kita mentracingnya. Jangan kemudian kalau banyak yang positif kita malah tutupi dan tidak melalukan tindakan nyata seperti melakukan WFH dalam waktu seminggu,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Provinsi mengapresiasi langkah yang diambil Walikota Medan Bobby Nasution yang merespon instruksi Gubsu dengan menindaklanjutinya membuat surat edaran yang intinya menjaga situasi Kota Medan dari peningkatan angka positif Covid-19.

Pada akhirnya Ketua DPRD Provinsi Sumut itu mengimbau agar warga Sumatera Utara bersama-sama menjaga diri dan lingkungan keluarganya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang baik sehingga pandemi ini segera berlalu. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini