Pengamat Ujang Komarudin : Dinasti Politik di Kabupaten Langkat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Adik Kandung Bupati Langkat Sribana Perangin-Angin menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggantikan Surialam.

Dilihat mudanews.com, foto yang beredar di media sosial, mantan Ketua Komisi D DPRD Langkat dari Fraksi Partai Golkar itu mengenakan pakaian kebaya dan jilbab warna kuning. Sribana diambil sumpah disisa jabatan periode 2019-2024 oleh Kepala Pengadilan Negeri Stabat.

Pengamat Politik yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin mengatakan konstruksi politik di Indonesia termasuk di Langkat Sumatera Utara terlihat mengarah dan sedang menguatkan dinasti politik dan juga oligarki.

“Ini tentu tak sehat bagi demokrasi di Langkat. Jika Bupatinya abangnya dan Ketua DPRD nya adiknya, ini akan menjadikan Langkat sebagai daerah yang akan bermasalah dikemudian hari,” kata Dosen Tetap Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) dan mantan Staf Khusus Ketua DPR RI saat diwawancarai mudanews.com, Rabu (5/5/2021).

Dampaknya, ia khawatir dan menduga proyek-proyek akan dikuasai mereka yang berkuasa di Langkat dan itu akan memudahkan terjadinya korupsi.

“Landscap politik di Langkat mencerminkan bahwa kelihatannya tak boleh ada pihak lain yang boleh dan bisa mengontrol bupati,” tambah Alumnus Ilmu Politik Universitas Indonesia itu.

Menurut Pria kelahiran Subang, Jawa Barat itu, jika Ketua DPRD nya adiknya bupati, maka sang abang sebagai bupati akan dengan mudah melakukan dugaan kongkalingkong dalam meloloskan kebijakan.

Sebelumnya, anggota DPRD Langkat Aidir Syahputra SHI ketika dimintai konfirmasi mudanews.com melalui pesan Whatsapp membenarkan pelantikan Ketua DPRD Langkat Sribana, Selasa (4/5).

“Ya benar,” kata Aidir.

Alasan diganti, lanjut Aidir, berdasarkan surat Pergantian Antar Waktu (PAW). “Kalau dalam surat tulisannya PAW,” sambungnya.

Selain itu juga, kondisi kesehatan Surialam. “Tetapi sebenarnya kondisi kesehatan Pak Alam,” pungkas Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Langkat ini. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini