Forum Kerukunan Masyarakat Nusantara, Laksanakan MTQ Online dan Offline

Forum Kerukunan Masyarakat Nusantara, Laksanakan MTQ Online dan Offline
Forum Kerukunan Masyarakat Nusantara (FKMN) melaksanakan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ). (Flyer)

MUDANEWS.COM, Medan – Forum Kerukunan Masyarakat Nusantara (FKMN) sebagai lembaga yang mewujudkan silaturahmi dan kerukunan dalam keberagaman masyarakat yang menjunjung tinggi nilai kebersamaan untuk memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia melaksanakan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) untuk tingkat SD dan Remaja Islam.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan secara online dan offline, peserta melakukan pendaftaran melalui link google form : http://bit.ly/FormulirpendaftaranMTQ2021 yg telah di siap kan oleh panitia.

Ketua Panitia MTQ Andi Pulungan menuturkan bahwa jumlah peserta yang sudah mendaftar secara online sudah mencapai 110 orang dengan kategori cabang lomba yaitu :

  • Lomba Tilawah SMP Putra- putri usia 12 s/d 15 tahun,
  • Tilawah SMA Putra-putri usia 16- 19 tahun,
  • Lomba Lomba Tartil SD Putra dan Putri usia 06 – 11 tahun,
  • Lomba Pidato Dai (Ceramah Agama) Putra usia 16 s/d 21 tahun.

“Panitia masih memberikan kesempatan kepada seluruh remaja Islam untuk mendaftarkan dirinya sampai dengan tanggal 04 Mei 2021, serta mengirimkan video hasil rekaman sampai dengan tanggal 5 Mei 2021 pukul 22.00 melalui YouTube dengan cara #MTQFKMN2021,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa pada babak final panitia melakukan secara langsung atau offline pada hari Minggu tgl 9 Mei 2021, bertempat di Mesjid ITJIMAIIYAH, Jalan Letda Sujono No 152 Medan.

Sementara itu, Ketua FKMN Kombes Pol (Purn) Teguh, SK, SH, MH mengatakan FKMN berharap kegiatan MTQ dapat memberikan manfaat kepada masyarakat untuk lebih mencintai Al-Qu’an dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran.

“Sehingga dapat terwujudnya kerukunan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Terpisah, Dr. OK. Henry selaku Pembina FKMN mengatakan kegiatan MTQ dilaksanakan bekerjasama dengan Paguyuban Ikatan Keluarga Melayu (IKMAL) Sumatera Utara, Lembaga Pengembangan Tilawah Quran (LPTQ) Kota Medan.

“Ini dirangkai dalam kegiatan memperingati Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran yang diharapkan dapat memberikan nilai-niai kerukunan dalam keberagaman pada remaja Islam,” ujar Dr. OK. Henry.

Dr. Anshari Yamamah selaku Pengurus IKMAL Sumatera Utara mengapresiasi kegiatan MTQ yang dilaksanakan oleh FKMN.

“Kegiatan ini sudah sangat berkompeten dan sesuai dengan standar MTQ, karena para dewan juri pada lomba MTQ FKMN memiliki sertifikat dan sudah mempunyai kompetensi dan legalitas dari LPTQ Kota Medan,” kata Dr. Anshari Yamamah.

(red)