Rizki Rahayu Fitri: Perempuan Ialah Sosok Pendobrak Masa Depan Bangsa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Indonesia tentu berbangga hati memiliki pelopor, penggerak yang tangguh yang muncul dari sosok perempuan, pemikiran-pemikiran cerdasnya menjadi inspirasi di kacamata perempuan masa kini, ia melahirkan konsep emansipasi wanita, berkatnya perempuan memiliki hak kesetaraan dalam berbagai bidang baik ekonomi, politik, hukum, dan lain-lain. Siapakah ia? Ia sosok wanita yang lahir di Jepara, bernama Raden Adjeng Kartini (R.A. Kartini).

Hal ini dikatakan oleh Ketua Umum HMI MPO Cabang Medan, Rizki Rahayu Fitri kepada mudanews.com melalui keterangan tertulis, Kamis (22/04/2021).

“Pemikiran-pemikiran R.A Kartini terkait kondisi sosial saat itu, terutama tentang kondisi perempuan Indonesia kala itu, berhasil mengangkat kedudukan perempuan. Berkat perjuangan dan pemikirannya untuk membebaskan perempuan atas tindakan yang menghalangi perempuan untuk bereksplorasi,” kata Rizki.

Menurutnya, perempuan-perempuan masa kini harus hadir dan memperjuangkan haknya agar memperoleh kebebasan, otonomi dan keadilan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas. Seperti yang dilakukan R.A Kartini pada masa lalu.

“Banyak sekali dampak baik yang kita rasakan bagi kaum perempuan berkat R.A Kartini, dalam ranah politik tentunya perempuan sudah diberi peluang 40% dalam parlement, perempuan diberi kebebasan menjadi pemimpin, bekerja, berkarier dan tidak dibatasi lagi. Walaupun segelintir masih berpikiran ortodoks terhadap perempuan, tetapi bukan menjadi hambatan,” ungkap Ketua Umum HMI MPO Cabang Medan.

Rizki juga berharap meningkatnya pendidikan kaum perempuan, agar lebih percaya diri mengikuti tantangan zaman tanpa meninggalkan kodrat sebagai seorang ibu dan perempuan.

“Tentunya terkhusus untuk para HMI-Wati marilah kita teladani sosok wanita tangguh itu, yang memberi banyak perubahan atas perempuan. Perempuan ialah sosok pendobrak masa depan bangsa, dari rahimnya lahir generasi-generasi yang mengubah dunia,” ujarnya.

“Salamat hari kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia,” ucap Rizki Rahayu Fitri.

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini