Gempa Bumi Tektonik M3,7 Guncang Mandailing Natal Sumut

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Mandailing Natal – Kabupaten Mandailing Natal (Madina) diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo=3,7 pada pukul 22:00:13 WIB, Rabu (14/4/2021) .

“Episenter terletak pada koordinat 1.01 LU dan 99.50 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km Barat Laut Mandailing Natal-Sumut pada kedalaman 2 km,” jelas Plt Kepala BMKG Wilayah I Medan Eridawati SE MSi dalam keterang tertulisnya.

Oleh sebab itu, ungkap Eridawati, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada segmen Angkola.

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Panyabungan, Madina II MMI (biasanya dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda ringan yang menggantung bergerak, misalnya lampu gantung),” sambungnya.

Diterangkannya, hingga pukul 22:30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock).

Eridawati meghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg,” pungkasnya.

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini