Bongkar Pasang Plt Kadis Kesehatan, Pengamat Nilai Kebijakan Pemkab Langkat Tak Produktif

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Tak kunjung ditetapkannya Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Langkat Definitif menyebabkan terjadinya bongkar pasang Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Langkat.

Hal tersebut terus membuat publik menduga-duga dan bertanya-tanya, apa yang menjadi penyebab lamanya penetapan Kadis Kesehatan Langkat Definitif.

Sudah berulangkali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat mengganti Plt Kadis Kesehatan Langkat namun tak kunjung menetapkan Kadis Kesehatan Definitif.

Pengamat Pemerintah, Ok Henry mengatakan bahwa Penetapan Plt berulangkali akan menggangu kinerja Pemkab Langkat, apalagi saat ini pemerintah sangat fokus terhadap penanganan kasus Covid-19.

“Sangat tidak produktif kebijakan Pemkab Langkat yang sangat lambat dalam menetapkan Kepala Dinas Kesehatan, khususnya yang definitif,” ujar Ok Henry saat dimintai tanggapan Mudanews.com, Senin (15/3/2021).

Mantan Kepala Inspektorat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) ini juga menyebutkan bahwa pangkat terendah untuk menjadi Plt Kepala Dinas Eselon II B di tingkat Kabupaten minimal IV/a.

“Nanti akibatnya bisa cacat hukum dalam penandatanganan dokumen-dokumen keuangan lain-lain yang ada di Dinkes Langkat, itu celah hukum,” ujarnya.

“Kalau sudah ada celah hukum, nanti temuan BPK ataupun aparat Penegak Hukum bisa masuk melakukan lidik,” sebut Ok Henry.

Ok Henry berharap kepada Bupati Langkat serta Baperjakat agar segera menetapkan Kadis Kesehatan Langkat Definitif.

“Saya berharap kepada Bupati Langkat untuk segera mengangkat Kepala Dinas Kesehatan Definitif sesuai dengan prinsip-prinsip yang transparan dan akun tabel melalui tim asesment, agar sangat objektif kedepan,” pungkasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini