Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

Lapas Kelas II A Labuhan Ruku
Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Lapas Kelas II A Labuhan Ruku

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Lapas Kelas II A Labuhan Ruku menggelar Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Lapangan Lapas Labuhan Ruku, Sabtu (26/2/2021).

Yan Rusmanto, Kalapas Labuhan Ruku menuturkan, Simulasi tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan baik sarana dan prasarana serta kesiapan vaksinator.

Yan Rusmanto menambahkan Sasaran Vaksin Covid-19 adalah seluruh Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) nantinya Lapas Labuhan Ruku akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara dan Puskesmas Labuhan Ruku,

Kalapas juga berharap dengan simulasi ini Lapas Labuhan Ruku sudah siap baik dalam sarana prasarana maupun para peserta.

“Semoga vaksinasi Covid-19 nantinya berjalan dengan aman dan sukses,” harapnya.

Senada dikatakan Perawat Lapas Kelas II A Labuhan Ruku, Rosy Pardosi berujar, simulasi dimulai dengan pengecekan suhu tubuh peserta vaksin, lalu peserta vaksin diminta mencuci tangan dengan sabun.

Kemudian dilakukan pendaftaran dan verifikasi data (tanda pengenal) peserta.

Lapas Kelas II A Labuhan Ruku
Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Lapas Kelas II A Labuhan Ruku

“Setelah verifikasi data dilanjutkan dengan Skrining dan pemeriksaan fisik sederhana untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid),” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, peserta diberi vaksin secara intramuscular sesuai prinsip penyuntikan. Setelah mendapat vaksin petugas mengarahkan peserta vaksin untuk diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan adanya KIPI.

Peserta diberi kartu vaksinasi dan diberi edukasi agar peserta datang kembali pada hari ke -14 untuk vaksin ke 2 dan tetap menjalankan protokol kesehatan 3M walaupun sudah divaksin.

Setelah selesai divaksin, peserta meninggalkan tempat dengan mencuci tangan. (Malaka)