Rupiah dan IHSG Menguat, Target Pertumbuhan Direvisi Turun 

Rupiah dan IHSG Menguat,
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Tren positif kinerja pasar saham masih terus berlanjut hingga perdagangan hari ini. IHSG dibuka menguat dilevel 6.291,01. Meskipun menguat, IHSG diperkirakan akan tertahan di level psikologis 6.200. Secara teknikal, sulit bagi IHSG untuk menembus level tersebut pada perdagangan hari ini. Dan IHSG justru berpeluang akan berkonsolidasi terlebih dahulu di kisaran level tersebut.

“Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah terus mengalami penguatan. Rupiah mampu menembus level 13.900. Dimana Rupiah menguat di level 13.880 pada perdagangan hari ini. Pelaku pasar tengah menanti kebijakan apa yang akan diambil Bank Indonesia dalam menetapkan arah suku bunga acuannya,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (16/2/2021).

Sejauh ini, Benjamin menilai apa yang menjadi fokus perhatian pasar kedepan adalah potensi penurunan suku bunga acuan. Meksipun belum bisa digaransi 100% adanya potensi penurunan tersebut. Namun, akselerasi pertumbuhan ekonomi yang dibutuhkan saat ini memungkinkan adanya penurunan suku bunga acuan.

“Sekalipun tetap dibarengi dengan catatan, dimana potensi resiko penurunan suku bunga acuan tetap ada ditengah pandemic Covid-19 seperti yang terjadi seperti sekarang. Dan sejauh ini, Menteri Keuangan juga telah melakukan revisi target pertumbuhan ekonomi di tahun 2021, menjadi di kisaran 4.5% – 5.3%,” jelas Benjamin. (red)