PCNU Langkat, Gelar Rangkaian Giat Harlah NU ke-95

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langkat – Pimpinan Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Langkat memperingati Harlah Nadhlatul Ulama ke-95 yang dilaksanakan di halaman Masjid Azizi Tanjung Pura, Sabtu (30/01/2021).

Peringatan Harlah NU ke-95 di Kabupaten Langkat dihadiri oleh Rois Syuriah, Ketua Tanfidziah H M Khalid MA, Sekretaris Tanfidziah Zulkifli Ibrahim Y Lubis SH, Wakil Ketua, Wakil Sekretaris serta banom-banom NU seperti Ansor, ISNU dan PMII.

Giat Harlah NU kali ini diisi dengan kegiatan cerita sejarah NU, Takhtim & Tahlil, dan doa serta ziarah ke makam para pendahulu NU yang berada di Kabupaten Langkat, salah satunya yang terletak di belakang Masjid Azizi Tanjung Pura.

Rois Syuriah, Sudirman MSi menjelaskan bahwa ziarah kubur yang dilakukan oleh Nahdlatul Ulama Kabupaten Langkat adalah bagian dari tabarup yaitu untuk mendapatkan keberkahan.

“Di dalam tubuh NU itu sendiri ada namanya tabarup yaitu untuk mendapatkan keberkahan. Ziarah dengan tujuan ini disunnahkan dengan mengunjungi kuburannya orang-orang yang dikenal baik pada waktu hidupnya,” ujar Sudirman.

Kandidat Doktor dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) ini juga menjelaskan bahwa ziarah dan motivasi ini juga sering dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia khususnya warga Nahdliyin.

“Pada waktu-waktu tertentu, mereka bisa berombongan berziarah ke makam para wali dan para kyiai yang dipandang memiliki kedekatan dengan Allah SWT dan berjasa dalam berdakwah menebarkan agama Islam di masyarakat khususnya di Kabupaten Langkat,” ungkap Sudirman.

PC Nahdlatul Ulama Langkat, Gelar Rangkaian Giat Harlah NU ke-95
Rois Syuriah, Ketua Tanfidziah H M Khalid MA, Sekretaris Tanfidziah Zulkifli Ibrahim Y Lubis SH, Wakil Ketua, Wakil Sekretaris serta banom-banom NU seperti Ansor, ISNU dan PMII melakukan ziarah ke makam pendahulu NU, wali maupun kyiai yang ada di Kabupaten Langkat dalam rangka giat Harlah NU ke-95, yang dilaksanakan di halaman Masjid Azizi Tanjung Pura, Sabtu (30/01/2021).

Sementara itu, PC NU Langkat melakukan ziarah ke beberapa makam pendahulu NU, wali maupun kyiai khususnya yang ada di Kabupaten Langkat yaitu :

  1. Al Yarham Syech H Abdullah Afifuddin (Pendiri Nadhlatul Ulama di Langkat, pernah menjadi Ketua Tanfidz dan Rois Syuriah NU Langkat dan Rois Syuriah PW NU Provinsi Sumatera Utara serta pernah menjadi Anggota Konstituante RI dari Nadhlatul Ulama).
  2. Al Yarham Syech H Lisanuddin Abdullah (pernah menjadi Ketua Tanfidz dan Rois Syuriah PC NU Kabupaten Langkat).
  3. Al Yarham H Ridwan Hasyim (Pernah menjadi Ketua maupun Sekretaris Tanfidz dan Rois Syuriah PC NU Kabupaten Langkat).
  4. Al Yarham Haji Usman Tambusei (Pernah menjadi Tanfidz dan Rois Syuriah PC NU Kabupaten Langkat).
  5. Al Yarham Haji Fakhruddin Siagian (Pernah menjadi Ketua maupun Sekretaris Tanfidz dan Rois Syuriah PC NU Kabupaten Langkat).
  6. Al Yarham Hj Fatmah Lis (Pernah menjadi Ketua Fatayat dan Ketua Muslimat PC NU Langkat). Berita Langkat, (Red)
- Advertisement -

Berita Terkini