SLPT Susur Sungai Suka Jaya dan Kampanyekan Batu Bara Bebas Sampah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Batu Bara – Organisasi Lingkungan hidup, Semenanjung Lestari Pantai Timur (SLPT) Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara terus melakukan gerakan peduli lingkungan, kali ini di Desa Suka Jaya, Minggu (24/1/2021).

Kegiatan yang bertajuk ‘Batu Bara Bebas Sampah’ ini, dilakukan bersama Kepala Desa Suka Jaya Fahrul Rozi dan perangkat Desa dengan menyusuri sungai Desa Suka Jaya untuk membersihkan sampah-sampah yang hanyut di aliran sungai, termasuk di sekitar pemukiman Warga.

Ketua SLPT, Alvian Khomeini, mengatakan, Semenanjung Lestari Pantai Timur atau di singkat SLPT, kembali bergerak untuk membangun karakter masyarakat Batu Bara agar lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya pengendalian sampah/limbah rumah tangga.

“SLPT punya Kesempatan untuk melakukan pembenahan yang bergerak terhadap lingkungan, agar Batu Bara bisa bebas dari sampah,” katanya.

SLPT Susur Sungai
Ketua SLPT, Alvian Khomeini dan Kepala Desa Suka Jaya Fahrul Rozi mengutip sampah di sungai

Ia berujar, bahwa untuk melakukan penyadaran terhadap masyarakat, tidaklah seperti membalikkan telapak tangan, namun usaha tetap terus dilakukan dan dukungan dari pihak-pihak terkait juga perlu diikut sertakan.

“Gerakan ini kita mulai dari Desa, sehingga perlahan Desa-desa yang lain juga akan ikut dan memberikan edukasi menjaga lingkungan kepada masyarakat, sehingga tidak menutup kemungkinan kedepan Kabupaten Batu Bara Bisa menjadi Kabupaten Bersih dan Bebas Sampah,” ujarnya.

Ia menilai, sejatinya semua ini tidak akan berdampak apapun selama masyarakat tidak diedukasi untuk tidak membuang sampah ke sungai dan perlunya kesadaran dari seluruh lapisan masyarakat, dimulai dari Pemerintah Desa yang aktif terhadap gerakan bebas sampah dan menjalar ke lapisan terkecil yaitu rumah tangga yang tinggal di bantaran sungai.

Tidak cukup sampai disitu, Alvian menuturkan bahwa Semenanjung Lestari Pantai Timur tidak akan pernah bosan untuk mensosialisasikan dan mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Batu Bara untuk lebih memperdulikan dampak dari membuang sampah/limbah rumah tangga secara sembarangan.

Sementara itu, Kepala Desa Suka Jaya, Fahrul Rozi mengapresiasi SLPT yang masih peduli terhadap lingkungan.

“Salut buat pemuda-pemuda yang tergabung dalam SLPT ini, ternyata masih ada anak muda yang bergerak terhadap lingkungan, saya harap ini di dukung dan terus di kembangkan sampai keseluruh Kecamatan di Batu Bara,” katanya. (Red)

- Advertisement -

Berita Terkini