“Sang Prawira” Komjen Agus Andrianto Sangat Layak Menjadi Kapolri

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Koordinator Presidium Lintas Eksponen 98 Sumut, R. Khairil Chaniago, di sela–sela kegiatan ringan “Ngoceh Politik” bertempat di Gerai Ayam Bakar Aba Aya Jalan Gaperta Ujung Medan, Sumatera Utara, Rabu (2/12/2020)

Khairil menyatakan bahwa Kabaharkam Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH sangat layak untuk memegang tongkat Tribrata 1 di Institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menggantikan Jendral Polisi Idham Azis yang akan berakhir masa pengabdiannya pada januari 2021 yang akan datang.

Menurut Khairil, Jendral yang pernah bermain di film “Sang Prawira” ini adalah sosok yang mumpuni untuk menegakkan keharmonisasian sosial di republik ini sesuai dengan visi Kepolisian Negara Republik Indonesuia yaitu Terwujudnya Pelayanan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang prima, penegakan hukum dan keamanan dalam negeri yang mantap serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif.

“Adapun yang menjadi dasar penilaian mantan Kapolda Sumut ini dianggap sangat layak adalah; yang pertama beliau selalu menggunakan pola komunikasi yang berbasis persuasif namun tegas aktif, yang kedua, beliau memiliki kemampuan inovatif dan improvisasif dalam mengelola problematika,” jelasnya.

Lanjut yang ketiga beliau mampu meramu antara kesetiaan, ketulusan terhadap tugas Negara dengan empati yang tinggi terhadap kondisi sosial masyarakat. Artinya “Leadership Models” yang dimiliki oleh Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH ini adalah fondasi kekuatan untuk mewujudkan visi Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Penilaian yang saya sampaikan merupakan pandangan objektifitas saya walau dalam beberapa situasi saya kerap berseberangan dengan beliau,” ujar Khairil, dan pernah pula dalam satu situasi, kami berdiskusi selama 7 (tujuh) jam lebih secara pribadi di kediaman beliau di Jakarta.

Banyak hal yang dibahas, mulai dari masalah penegakan hukum, upaya penguatan ekonomi masyarakat, hingga kehidupan pribadi dan reliji, salah satu yang tetap saya ingat adalah kalimat yang terucap dari beliau bahwa “keamanan Negara akan tercipta, bila kesejahteraan masyarakat tercapai.

“Bagi saya Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH adalah seorang “Jendral Sufi”. Memang dalam hal tugas kami berlawanan, namun dalam hal pemikiran kami berteman,” ujar R. Khairil Chaniago.

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Presidium Lintas Eksponen 98 Sumut Tengku Yans Fauzie, menurutnya pengelolaan Negara tidak lepas dari upaya menata perekonomian Negara dan masyarakat, ekonomi dan keamanan adalah kunci penting kemajuan Indonesia.

Korelasinya sangat kuat, keamanan bermula dari ketertiban dan ketertiban erat kaitannya dengan kesejahteraan, ditengah pandemic Covid-19 ini tingkat kesejahteraan masyarakat cenderung menurun, dan tentunya hal ini akan mengancam ketertiban di masyarakat.

“Maka saat ini kita perlu sosok–sosok pemimpin baik di tataran regional maupun nasional yang memiliki semangat dan langkah strategis untuk sesegera mungkin melakukan tindakan pemulihan ekonomi nasional melalui aktivitas–aktivitas yang mengarah kepada penguatan perekonomian masyarakat dan peningkatan ketahanan pangan yang berbasis masyarakat, sepanjang pengetahuan kami,” sambungnya.

Ia mengungkapkan, kedua hal ini sudah dijalankan oleh bapak Kabaharkam Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH, sehingga tidak salah jika Presiden Joko Widodo menempatkan beliau untuk menjadi Kapolri diwaktu mendatang,” tukas aktivis 98 yang juga pendiri Lingkar Demokrasi Indonesia (Lembaga informasi dan Jaringan Kerja Akar Demokrasi Indonesia). (red)

- Advertisement -

Berita Terkini