Rupiah Masih Berpeluang Menguat Dalam Jangka Pendek

Rupiah Masih Berpeluang Menguat Dalam Jangka Pendek
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG dibuka menguat pada perdagangan hari ini. IHSG dibuka naik di level 5.773,56, dan sejauh ini sayangnya IHSG berada di zona merah.

“Walaupun tidak beranjak jauh dari level penutupan sehari sebelumnya. Sementara itu mata uang rupiah nyaris tidak bergerak. Berada tepat sama dengan penutupan perdagangan kemarin di level 14.100 per US Dolar,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Jumat (27/11/2020).

Kabar temuan vaksin yang siap diedarkan menjadi salah satu pendorong penguatan kinerja indeks bursa saham pada perdagangan hari ini.

“Namun yang menjadi persoalan selanjutnya adalah bagaimana distribusi vaksin itu kepada seluruh  masyarkat dunia. Mengingat kapasitas produksi tidak lantas bisa memenuhi semua kebutuhan manusia yang ada di bumi ini,” ujarnya.

Untuk mata uang Rupiah, tren pekermabngan suku bunga acuan di AS yang diperkriakan akan bertahan lama menjadi salah satu pemicu buruknya kinerja US dolar belakangan ini.

“Terlebih Bank Sentral AS wilayah Chichago menyatakan kalau suku bunga acuan di AS akan bertahan rendah setidaknya hingga tahun 2023 mendatang,” tutup Benjamin. Berita Medan, red