Walaupun IHSG Menguat, Akan Sulit Tembus 5.700

Walaupun IHSG Menguat, Akan Sulit Tembus 5.700
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG dibuka menguat pada sesi pembukaan perdagangan pada hari ini. IHSG dibuka naik 0.43% di level 5.677,30.

“Sementara kinerja mata uang Rupiah diperdagangkan stabil di level 14.150 per US Dolar. Rupiah sepertinya masih belum menunjukan pergerakannya untuk menguat lebih jauh, dan lebih cenderung memilih untuk berkonsolidasi di kisaran 14.150 sementara ini,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (24/11/2020).

Pada sesi perdagangan pagi ini, jelas Benjamin, sejumlah bursa di Asia bergerak sangat variatif. Sementara itu, kabar terbaru dari Presiden terpilih AS Joe Biden diyakini akan memberikan kontribusi positif bagi penguatan kinerja pasar saham pada perdagangan hari ini.

“Joe Biden akan mengangkat Jannet Yellen sebagai menteri keuangan AS nantinya. Kebijakan tersebut pastinya akan memberikan dorongan positif bagi pasar, mengingat Yellen yang mantan Gubernur Bank Sentral AS, merupakan karakter pejabat yang cenderung memberikan dorongan stimulus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Walau demikian, kata Benjamin, untuk kinerja IHSG saya pikir level resistennya masih kuat di 5.700. “Ini bukan level yang gampang untuk ditembus. Sementara mata uang rupiah juga akan berkonsolidasi di kisaran 14.000 seandainya tren penguatan rupiah berlanjut nantinya,” jelasnya. Berita Medan, red