Rupiah Jalan Di Tempat, IHSG Mampu Menembus Level Psikologis 5.700

Rupiah Jalan Di Tempat, IHSG Mampu Menembus Level Psikologis 5.700
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja IHSG lagi-lagi ditutup menguat tajam pada sesi perdagangan hari ini. IHSG naik 0.85% di level 5.701,03. IHSG di sesi penutupan menembus level psikologis 5.700. Akan tetapi saya menggaris bawahi sebaiknya pelaku psar berhati hati dengan kinerja IHSG tersebut. Mengingat saat IHSG menembus level psikologis, kerap diwarnai aksi profit taking.

Hal itu dijelaskan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (24/11/2020).

Kabar temuan vaksin oleh perusahaan lain menjadi salah satu pendorong penguatan IHSG. Selain kabar pemerintahan Joe Biden yang sudah memulai masa transisi di gedung putih. Transisi ini juga disambut baik pelaku pasar setelah Yellen nantinya ditunjuk sebagai menteri keuangan di AS.

“Di sisi lainnya, gambaran berbeda justru ditunjukan oleh mata uang rupiah. Rupiah dalam satu sesi perdagangan hari ini sempat melemah di level 14.183 per US Dolar. Meskipun menjelang sesi penutupan Rupiah mampu mengurangi kerugiannya. Rupiah berhasil ditutup di level 14.155 per US Dolar. Tidak jauh berbeda dengan penutupan sebelumnya,” imbuhnya.

Mata uang Rupiah di perdagangan hari ini, ungkap Benjamin, terombang ambing seiring dengan minimnya sentiment pasar yang berkembang. “Dan saya menilai apa yang menjadi fokus perhatian selanjutnya adalah bagaimana data ekonomi di AS serta rapat FOMC dalam melihat perkembangan ekonomi kedepan,” ujarnya. Berita Medan, red