Harga Cabai Rawit Naik Tajam jadi 35 Ribu Per Kilo! Tenang, Hanya Sebentar

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Hal yang dikuatirkan terjadi, dimana hujan lebat ditambah dengan sejumlah bencana yang membuat terputusnya sejumlah akses jalan memicu kenaikan harga cabai rawit. Harga cabai rawit meroket dari kisaran 25 ribu per Kg menjadi 35 ribu per Kg saat ini. Atau naik sekitar 10 ribu per Kg sejak awal pekan ini.

“Setelah kita melakukan penelusuran mendalam, ternyata kenaikan harga cabai rawit terjadi karena pasokan dari sidikalang mengalami gangguan,” jelas Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (24/11/2020).

Selama ini, kata Benjamin, kontribusi besar cabai rawit di Sumut itu banyak disumbangkan dari Aceh dan Sidikalang. Nah saat ini di Sidikalang intensitas hujan sangat tinggi. Membuat petani enggan untuk turun ke lading.

Lanjutnya, tanaman cabai rawit ini membutuhkan biaya besar saat panen. Jadi memang untuk sementara cabai rawit bertahan mahal. Hingga kondisi cuaca kondusif.

“Saya memperkirakan hara cabai rawit tidak akan bertahan mahal untuk waktu yang lama. Cabai rawit berpeluang turun nantinya. Sehingga konsumen tidak perlu panic dengan kenaikan harga cabai rawit tersebut. Untuk cabai merah, harganya masih stabil di kisaran 37 ribu hingga 40 ribu kualitas medium. Jadi memang masih bertahan mahal,” imbuhnya.

Untuk harga komoditas lainnya, jelas dia, kabar baik datang dari bawang merah yang perlahan suah mulai turun. Setelah sempat bertahan di kisaran 33 ribu hingga 35 ribu. Bawang merah saat ini dijual di kisaran  30 hingga 32 ribu per Kg.

“Daging ayam juga sama, harganya saat ini perlahan mengalami penurunan. Dimana daging ayam yang sempat menyentuh 36 ribu per Kg, saat ini di jual dikisaran 34 ribuan per Kg. Selama musim hujan yang berlangsung tersbeut. Saya menilai harga pangan secara keseluruhan belum terganggu. Untuk cabai rawit, tenang saja, bisa turun secara tiba tiba nantinya,” jelasnya. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini