Diklatsar Banser Simalungun : Banser Menjaga Kejayaan Nahdlatul Ulama dan Menjaga NKRI

Diklatsar Banser Simalungun Banser Menjaga Kejayaan Nahdlatul Ulama dan Menjaga NKRI
Diklatsar Banser Simalungun

MUDANEWS.COM, Simalungun – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Dasar Barisan Ansor Serbaguna (Diklatsar Banser) pada tanggal 13 – 15 November 2020, di Pondok Pesantren Surya Agung, Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun.

Kegiatan dibuka pada hari Jumat, 13 November 2020, hadir dalam kegiatan itu Pimpinan Wilayah GP Ansor Sumatera Utara, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Simalungun, Dewan Penasehat GP Ansor Kabupaten Simalungun, Polsek Bandar, Pimpinan Ponpes Surya Agung, Pimpinan Cabang GP Ansor dan Satkorcab Banser Kota Pematangsiantar, juga dihadiri unsur pengurus PC GP Ansor Kabupaten Simalungun, Satkorcab Banser Kabupaten Simalungun dan peserta Diklatsar.

Dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan, acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, menyanyikan Mars Ansor dan Banser serta Ya lal Wathon. Mewakili Ketua Pimpinan Wilayah H. Adlin Umar Yusri Tambunan, Wakil Sekretris PW GP Ansor Sumatera Utara, Arjuna dalam sambutannya mengatakan kepada seluruh kader agar mengikuti Latihan Dasar ini dengan sungguh-sungguh.

“Melalui proses kaderisasi yang dilalui diharapkan lahir calon-calon generasi penerus bangsa ynag militan, berakhlak mulia, cinta kepada agama dan tanah air,” ujarnya.

Menurut Arjuna, Diklatsar Banser merupakan sistem kaderisasi di lingkungan GP Ansor, syarat menjadi anggota/kader Banser harus mengikuti dan lulus Diklatsar. Banser adalah tenaga inti Gerakan Pemuda Ansor sebagai kader penggerak, pengemban dan pengaman program-program sosial kemasyarakatan Gerakan Pemuda Ansor.

Kader dimaksud adalah anggota Gerakan Pemuda Ansor yang memiliki kwalifikasi: disiplin dan dedikasi, religius sebagai benteng ulama untuk nenjaga kejayaan GP Ansor, Nahdlatul Ulama dan NKRI.

“Ya, setiap kader yang lulus dan syah menjadi anggota Banser melalui Diklatsar, selanjutnya dilakukan pembinaan oleh Pimpinan Cabang GP Ansor dan Satkorcab Banser untuk diberdayakan sesuai potensi dan profesinya membantu masyarakat,” harapnya.

Di akhir sambutan, Arjuna atas nama PW GP Ansor Sumatera Utara memberikan apresiasi kepada PC GP Ansor Simalungun dan berterima kasih kepada Panitia Pelaksana, juga memberikan kehormatan kepada PC NU Kabupaten Simalungun untuk membuka Kegiatan Diklatsar Banser Angkatan III tersebut.

Sebelumnya, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Simalungun, Agus Dwi Susanto, menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan diharapkan dapat menangkal upaya dari sekelompok orang yang mencoba merusak mental generasi muda dengan paham yang betentangan dengan ideologi negara.

Sementara itu, Ketua panitia dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan dilaksanakan selama 3 hari penuh kedepan akan diisi dengan materi Ke-Aswaja-an, Ke-NU-an, Ke-Ansor-an, Kepemimpinan, Wawasan Kebangsaan, Peraturan Baris Berbaris dan Caraka.

Dalam arahan dan bimbingannya, H. Abdul Wahab Nasution dari PC NU Kabupaten Simalungun mengatakan, merawat tradisi merekat silaturahim tetap setia menjaga NKRI wujud pemuda milenial dimasa pandemik.

“Melalui kegiatan Diklatsar Banser ini akan lahir kader Barisan Ansor Serbaguna yang militan dan produktif, guna dapat berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Simalungun khususnya dalam menjaga ketertiban masyarakat. GP Ansor merupakan Badan Otonom NU harus tetap sebagai garda terdepan merawat kebhinekaan yang setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 1945. Harus tetap menjadi katalisator ditengah maraknya berita hoax dan paham radikalisme,” tegasnya.

Di akhir acara seluruh hadirin baik undangan dan peserta berziarah di makam pendiri Pondok Pesantren Surya Agung Perdagangan Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun. Kegiatan Diklatsar Banser Angkatan III PC GP Ansor Simalungun ditutup secara resmi oleh PW GP Ansor Sumatera Utara pada Minggu pagi 15 November 2020 pukul 09.00 WIB. Berita Simalungun, red