Rawan Aksi Jual, IHSG Gagal Tembus Level 5.500

Rawan Aksi Jual, IHSG Gagal Tembus Level 5.500
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – IHSG pada penutupan perdagangan hari ini gagal ditutup di atas level 5.500. IHSG memang menguat ketika ditutup.

“Namun selama sesi perdagangan IHSG justru mengalami tekanan yang membuat IHSG berbalik arah. IHSG yang sempat naik di atas 5.500. Namun disaat sesi penutupan perdagangan IHSG hanya mampu ditutup menguat 0.62% di level 5.494,87,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (16/11/2020).

Benjamin mengatakan, berbeda dengan Rupiah. Mata uang Rupiah justru ditutup di level terkuatnya disesi penutupan. Rupiah pada perdagangan hari ini ditutup di level 14.110 per US Dolar. Kinerja mata uang Rupiah masih diuntungkan dengan neraca dagang Indonesia yang masih akan membukukan surplus.

“Secara teknikal, untuk kinerja IHSG saya menilai masih akan sulit untuk menembus batas psikologis 5.500. Namun untuk mata uang Rupiah saya menghitung dan rupiah berpeluang untuk menguat mendekati level 14.000 per US Dolar nantinya. Sejumlah data masih menunjukkan adanya potensi penguatan lebih jauh bagi Rupiah,” jelasnya.

Pelaku pasar pun sejauh ini belum mendapatkan kabar fundamental yang bisa menggerek kenaikan kinerja indeks bursa saham. “Pasar keuangan masih menunggu rilis data ekonomi AS yang akan memberikan efek besar di akhir pekan nanti,” ujarnya. Berita Medan, red