Pekan Ini, IHSG Minim Sentimen Pasar

Pekan Ini, IHSG Minim Sentimen Pasar
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Di pekan kemarin kinerja IHSG diselimuti aksi profit taking. Di pekan ini, IHSG tidak lagi diselimuti euphoria ditemukannya vaksin yang aman bagi manusia, serta kemenangan Joe Biden sebelumnya. Pasar keuangan di pekan ini akan lebih banyak dipengaruhi oleh data data ekonomi. Dan sentimen penambahan jumlah kasus Covid-19 di tanah air dan dunia.

“Pasar akan mencermati data angka pengangguran AS yang akan dirilis menjelang akhir pekan nantinya. Jadi besar kemungkinan IHSG akan bergerak sideways di perdagangan pekan ini. Tidak akan diperdagangkan dalam rentang angka yang lebar. Dan minim fluktuasi harga tentunya,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Minggu (15/11/2020).

Benjamin mengatakan, pekan ini saya melihat selama tidak ada sentimen yang tiba-tiba muncul dan sulit untuk diperkirakan. Maka saya berkeyakinan untuk IHSG akan sulit naik di atas 5.500. Dan kalaupun terkoreksi masih akan dalam rentang terbatas di kisaran 4.370.

“Saya menyarankan agar pelaku pasar lebih mencermati pernyataan yang keluar dari Joe Biden. Meskipun belum secara resmi menjabat sebagai Presiden AS. Akan tetapi pernyataan dari Joe Biden tersebut nantinya akan mempengaruhi kinerja pasar keuangan kedepan. Kerangka kebijakan yang akan di ambil Joe Biden,” ungkap Benjamin.

Selebihnya pasar akan lebih banyak dipengaruhi oleh sentiment penyebaran Covid-19 serta kebijakan yang diambil banyak negara dalam merespon penambahan jumlah kasus tersebut. “Pekan ini akan menjadi pekan yang relative tenang bagi IHSG, selama tidak ada variabel liar yang muncul dan sulit untuk diprediksikan,” ujar Benjamin. Berita Medan, red