Pengaruh Vaksin Covid-19, IHSG dan Rupiah di Zona Hijau

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penguatan yang signifikan pada perdagangan hari ini. IHSG menguat tajam ditutup naik 1.99% di level 5.462,74. Sementara mata uang rupiah juga turut menguat. Hanya saja Rupiah tidak berhasil menembus level psikologis 14.000. Rupiah ditutup menguat di level 14.057 per US Dolar.

Hal itu dijelaskan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Selasa (10/11/2020).

Ia menjelaskan, Rupiah nyaris menyentuh level 14.000 setelah sempat berada di posisi terkuatnya pada hari ini di level 14.007 per US Dolarnya. Kinerja mata uang rupiah tertahan di level psikologis tersebut dan kemungkinan  masih akan kesulitan untuk menembus level psikologis tersebut sementara waktu. Secara teknikal Rupiah juga sulit untuk di giring ke bawah selama belum ada sentimen kuat yang bisa membuat Rupiah menguat lebih jauh.

“Untuk penguatan pasar keuangan pada hari ini, euphoria kemenangan Biden tidak lagi menjadi sentimennya. Temuan vaksin yang aman bagi manusia menjadi kabar yang membuat pelaku pasar kembali masuk ke pasar keuangan,” ujarnya.

Benjamin menambahkan, jadi tren yang mungkin dibentuk adalah tren naik setelah temuan vaksin Covid tersebut. Seraya kita menanti apa yang akan dilakukan oleh Presiden AS yang baru terkait dengan kebijakan ekonominya. “Kita harus tetap bersiap terhadap kemungkinan terburuk, dimana kebijakan yang diambil nantinyajustru lebih memperburuk keadaan dibandingkan Presiden sebelumnya,” jelasnya. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini